Anies Baswedan Kritik Atraksi Tanpa Substansi dalam Debat Pilpres 2024

Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, melontarkan kritik terhadap atraksi tanpa substansi yang dilakukan oleh calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, saat tampil dalam debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (22/1/2024) malam. Anies menganggap atraksi tersebut diduga dilakukan untuk menutupi kelemahan substansi gagasan yang disampaikan oleh Gibran.

“Tak perlu banyak atraksi kalau substansi kuat,” ujar Anies dalam jumpa pers usai debat.

Menurut Anies, debat seharusnya menjadi momen untuk rakyat menilai gagasan yang autentik dan bukan sekadar tampilan kosmetik. Ia menyatakan bahwa rakyat menaruh kepercayaan terhadap calon presiden dan wakil presiden terkait masa depan Indonesia.

Dalam debat keempat, Gibran mengajukan pertanyaan kepada cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, mengenai strategi dalam mengatasi green inflation atau inflasi hijau. Namun, Gibran tidak puas dengan jawaban Mahfud, yang dianggapnya melenceng dari pertanyaan. Gibran bahkan melakukan peragaan gerakan mencari sesuatu dengan cara yang dianggap provokatif.

Baca juga:  Respon Publik: Anies Baswedan Menjadi Pemenang Telak dalam Debat Capres Pertama

Mahfud merespons dengan menyebut pernyataan Gibran sebagai tidak relevan dan tidak layak dijawab. Ia menegaskan bahwa seorang akademisi seharusnya tidak memberikan pertanyaan yang dianggap tidak penting atau receh.

“Oleh sebab itu, saya kembalikan saja ke moderator, ya memang ndak layak dijawab pertanyaan kayak gini ini. Saya kembalikan, ndak ada gunanya menjawab,” tegas Mahfud.

Dengan kritik tajamnya, Anies Baswedan menyampaikan pandangannya terkait perlunya substansi dan seriusitas dalam membahas isu-isu penting bagi masa depan bangsa.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru