Dugaan Lapas Khusus Ferdy Sambo: Beni Hidayat Bantah Tudingan Advokat Alvin Lim

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Salemba, Beni Hidayat, dengan tegas membantah pernyataan dari Advokat Alvin Lim mengenai perlakuan khusus terhadap eks Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo. Lim menyebut bahwa Sambo mendapatkan fasilitas mewah, seperti kamar ber-AC, selama menjadi narapidana di Lapas Salemba.

“Pernyataan itu jelas tidak benar dan tak mendasar. Sebagai Warga Binaan, Ferdy Sambo tidak pernah ditahan di Lapas Salemba,” tegas Beni dalam keterangannya, Kamis (4/1/2024).

Beni menjelaskan bahwa Sambo hanya singgah sebentar di Lapas Salemba untuk masa pengenalan lingkungan pada tanggal 24 Agustus 2023 hingga 29 Agustus 2023. Setelah itu, Sambo dipindahkan ke Lapas Kelas II A Cibinong untuk menjalani masa hukuman badan. Pemindahan ini dilakukan sesuai dengan Surat Kalapas Kelas II A Salemba perihal pemindahan tiga orang warga binaan.

“Saat Sambo mendekam, Alvin tidak ada di lokasi karena sedang menjalani perawatan medis di RSU dari 16 April 2023 hingga 29 September 2023,” sambung Beni.

Dia menegaskan bahwa tuduhan bahwa Sambo tidur di ruang Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) adalah tidak benar. Sambo ditempatkan di Blok hunian Paviliun Saroso, Lantai I Ruang 23/Type 1, dan bukan di ruang KPLP.

Baca juga:  Bawaslu RI Pastikan Tidak Ada Perlakuan Khusus pada Kasus Gus Miftah

“Kami memiliki dokumentasinya semua,” tambahnya. Beni juga menyayangkan pernyataan Alvin Lim terkait Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E yang hanya diambil fotonya di Lapas Salemba.

Menurut Kepala Bagian Tahanan dan Barang Bukti Bareskrim Polri, Kombes Gatot Agus Budi Utomo, Richard yang saat ini sudah bebas bersyarat pernah menjalani pidana di Rutan Bareskrim Polri sesuai dengan ketentuan.

“Iya sudah sesuai ketentuan baik dari pihak yang menahan maupun menitipkan,” kata Gatot.

Sebelumnya, Advokat Alvin Lim mengungkapkan eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo mendapatkan fasilitas mewah di Lapas Salemba. Namun, Beni Hidayat membantah tegas dan menyatakan bahwa semua informasi yang disampaikan Lim tidak sesuai dengan data di lapangan.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru