Pengusaha Alex Tirta Memberikan Kesaksian Terkait Penyewaan Rumah di Jalan Kertanegara oleh Firli Bahuri

Pada hari Kamis (21/12), pengusaha ternama Alex Tirta selesai menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan pelanggaran kode etik yang menjerat Ketua nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Dewan Pengawas (Dewas) KPK memfokuskan pertanyaannya pada penyewaan rumah oleh Firli Bahuri di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Menurut Alex Tirta, pertanyaan yang diajukan Dewas KPK tidak banyak berbeda dengan yang telah dia jawab sebelumnya di Bareskrim dan Polda. “Sama, ya, pertanyaannya sesuai dengan yang sebelumnya diperiksa di Bareskrim dan di Polda, cuma itu saja, jadi sama pertanyaannya. Iya, soal Kertanegara,” ungkapnya di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan.

Alex Tirta juga menyebutkan bahwa dirinya tidak mengetahui keberadaan Firli Bahuri saat ini. Meskipun hanya mendapat sedikit pertanyaan dari Dewas KPK, dia memberikan keterangan terkait penyewaan rumah di Jalan Kertanegara yang diduga dilakukan oleh Firli Bahuri senilai Rp 650 juta.

Rumah tersebut sebelumnya telah digeledah oleh Polda Metro Jaya dalam rangka mengumpulkan bukti terkait kasus pemerasan yang melibatkan Firli Bahuri terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Firli Bahuri juga telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya.

Baca juga:  Ketua Nonaktif KPK Firli Bahuri Terlibat Kasus Pemerasan: Penyidik Polda Metro Jaya Ungkap Fakta-Fakta Penting

Ketua Dewas KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean, menyatakan adanya tiga dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Firli Bahuri. Pertama, terkait pertemuan dengan mantan Menteri Pertanian SYL; kedua, ketidakjujuran dalam Laporan Harta Penyelenggara Negara (LHKPN); dan ketiga, terkait penyewaan rumah di Jalan Kertanegara.

Tumpak mengungkapkan bahwa Dewas KPK telah memeriksa 33 saksi, termasuk Firli Bahuri, dan tengah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya terkait dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo. Sidang terkait pelanggaran etik ini akan segera dilaksanakan.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru