Xi Jinping Tegaskan Komitmen untuk Mempertahankan Hubungan Dekat dengan Rusia

Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Mishustin Bahas Penguatan Kerjasama di Tengah Dinamika Global

Beijing, 20 Desember 2023 – Presiden Cina Xi Jinping menegaskan komitmen untuk mempertahankan hubungan dekat dengan Rusia, menyebutnya sebagai pilihan strategis yang didasarkan pada kepentingan fundamental kedua negara. Pernyataan tersebut dilontarkan dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin pada Rabu (20/12/2023), seperti dilaporkan oleh China Central Television (CCTV).

Xi menjelaskan bahwa hubungan politik tingkat tinggi bilateral antara Rusia dan Cina terus mengalami peningkatan dampak positif. Pihaknya meyakini bahwa Beijing dan Moskow dapat terus memperdalam kerjasama di berbagai sektor, termasuk ekonomi, perdagangan, energi, konektivitas, dan bidang lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Mishustin mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap kepemimpinan Xi Jinping. “Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada Anda dan seluruh kolega kami di Cina atas hubungan baik serta kerja sama yang konstruktif. Saya yakin bahwa pencapaian baru yang lebih besar menanti kita di tahun mendatang,” ujar Mishustin, seperti dilaporkan oleh laman kantor berita Rusia, TASS.

Sehari sebelum pertemuan dengan Xi Jinping, Mishustin telah bertemu dengan Perdana Menteri Cina Li Qiang. Dalam pertemuan tersebut, Mishustin menyatakan bahwa hubungan bilateral antara Rusia dan Cina mencapai puncak tertinggi sepanjang masa.

Baca juga:  Serangan Israel di Damaskus, Kepala Mata-Mata Garda Revolusi Iran Gugur

Pentingnya pertemuan ini tidak hanya terletak pada aspek bilateral, namun juga melibatkan isu-isu global. Saat Cina dilanda bencana gempa dahsyat di provinsi Gansu dan Qinghai, Mishustin memberikan dukungan dan solidaritas kepada Cina. Gempa berkekuatan 6,2 skala Richter pada Senin (18/12/2023) malam menewaskan sedikitnya 131 orang dan melukai hampir 1.000 lainnya.

Presiden Rusia Vladimir Putin juga turut menyampaikan belasungkawa kepada Xi Jinping. Putin menyatakan, “Terimalah belasungkawa terdalam saya atas dampak mematikan dari gempa bumi di provinsi Gansu dan Qinghai,” dalam pesan yang diposting di situs Kremlin pada Selasa (19/12/2023), sebagaimana dikutip oleh laman TASS.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru