Menantu Luhut, Jenderal Maruli Simanjuntak Dilantik oleh Presiden Jokowi jadi Kepala Staf Angkatan Darat

Pada Rabu, 29 November 2023, di Istana Negara, Jakarta, peristiwa bersejarah terjadi ketika Jenderal Maruli Simanjuntak, menantu dari Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Pelantikan ini menandai langkah besar dalam karier militer Jenderal Maruli Simanjuntak yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis (Pangkostrad).

Kenaikan pangkat Jenderal Maruli Simanjuntak menjadi Jenderal merupakan sebuah prestasi luar biasa yang diumumkan berdasarkan Keppres Nomor 104/TNI Tahun 2023 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI. Hal ini menunjukkan pengakuan atas dedikasinya dalam menjalankan tugas militernya.

Jenderal Maruli Simanjuntak menggantikan posisi Jenderal Agus Subiyanto, yang sebelumnya menjabat sebagai KSAD dan sekarang telah dilantik menjadi Panglima TNI. Perombakan ini merupakan bagian dari dinamika organisasi militer yang dilakukan oleh pemerintah untuk memastikan kepemimpinan yang efektif dan berkualitas di dalamnya.

Proses pelantikan tersebut terjadi berdasarkan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 103/TNI/Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat. Keppres ini, yang ditetapkan oleh Presiden Jokowi di Jakarta pada hari yang sama, dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden, Laksda TNI Hersan.

Baca juga:  Cak Imin Berencana Akan Evaluasi Program Prakerja Secara Menyeluruh

Usai pembacaan Keppres, Presiden Jokowi secara simbolis melakukan penyematan tanda pangkat jabatan KSAD kepada Jenderal Maruli Simanjuntak. Langkah selanjutnya adalah pengambilan sumpah jabatan, yang merupakan momen sakral yang menandai komitmen seorang pejabat militer terhadap negara dan bangsa.

“Demi Tuhan Yang Maha Esa saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ucap Jenderal Maruli Simanjuntak, menirukan ucapan Presiden Jokowi saat melakukan sumpah jabatan.

Langkah ini menunjukkan komitmen Jenderal Maruli Simanjuntak untuk melaksanakan tugasnya dengan penuh dedikasi, mengutamakan etika jabatan, dan menjunjung tinggi sumpah prajurit. Presiden Jokowi, dengan pelantikan ini, memberikan amanah besar kepada Jenderal Maruli Simanjuntak untuk memimpin Angkatan Darat dengan penuh tanggung jawab dan keberlanjutan. Pelantikan ini tidak hanya sekadar pergantian jabatan, tetapi juga mencerminkan perjalanan karier dan kontribusi yang signifikan dari seorang pemimpin militer yang berdedikasi.

Baca juga:  Desak Anies: Pertanyaan Anak Muda Lebih Tajam Ketimbang Prabowo di Debat Capres

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru