Menkopolhukam Mahfud MD Hadiri Prosesi Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta

Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD turut serta dalam memeriahkan perayaan Natal 2023 dengan menghadiri prosesi Misa di Gereja Katedral Jakarta, Sawah Besar, Jakarta Pusat, pada malam Minggu (24/12/2023).

Dari pantauan Tribunnews.com, Mahfud tiba di Gereja Katedral sekitar pukul 19.06 WIB, menggunakan mobil Toyota Alphard dengan nomor polisi RI 14.

Kedatangannya di Gereja Katedral disambut hangat oleh Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo, beserta sejumlah pemuka agama Katolik lainnya. Setibanya di depan gerbang Katedral, Mahfud langsung diajak masuk ke dalam ruang utama untuk mengikuti prosesi Misa. Tak lama setelah itu, ia memberikan sambutan di hadapan ratusan jemaat yang hadir.

Dalam sambutannya, Menkopolhukam menyampaikan bahwa pemerintah telah melakukan persiapan selama sekitar satu bulan agar prosesi perayaan Natal dapat berjalan dengan lancar. Ia menyatakan rasa gembira pemerintah dan mendorong semua penganut agama di Indonesia, tanpa memandang agama apa pun, untuk dapat melaksanakan peribadatan dan kebaktian dengan sebaik-baiknya secara aman dan nyaman.

Baca juga:  Soal Pengungsi Rohingya, Mahfud dan Prabowo Sampaikan Pendapat Berbeda

“Pemerintah merasa gembira dan mendorong agar setiap penganut umat beragama di Indonesia agama apapun bisa melaksanakan peribadatan, kebaktian dengan sebaik-baiknya secara aman dan nyaman,” jelas Mahfud.

Dalam konteks kerukunan umat beragama, Mahfud mengungkapkan pandangan pemerintah bahwa setiap agama, jika dijalankan dengan baik, akan menjadi pilar keamanan negara. Ia menyatakan keyakinannya bahwa semua agama mengajarkan kebaikan, kerukunan, serta persaudaraan sesama manusia.

“Lantaran menurutnya, semua agama telah mengajarkan kebaikan, mengajarkan kerukunan serta persaudaraan sesama manusia,” tambah Mahfud.

Selanjutnya, Menkopolhukam menyampaikan harapannya agar perayaan Natal ini menjadi momentum untuk meningkatkan kerukunan dan persatuan di Indonesia. Ia mengakhiri sambutannya dengan ucapan selamat Natal, berharap bahwa perayaan ini dapat memberikan hadiah bagi seluruh bangsa Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Mahfud MD menunjukkan dukungannya terhadap pluralisme dan toleransi antarumat beragama, mencerminkan semangat Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi ciri khas Indonesia.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru