Paku Integritas 2024: KPK Ajak Pasangan Capres-Cawapres Bahas Penguatan Antikorupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengundang perwakilan dari tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pemilu 2024 untuk membahas persiapan menjelang Penguatan Anti Korupsi bagi Penyelenggara Negara ber-Integritas (Paku Integritas) pada tanggal 17 Januari 2024. Rapat tersebut dijadwalkan berlangsung di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, pukul 14.00 WIB.

Juru Bicara KPK, Ipi Maryati, mengonfirmasi undangan tersebut, menyatakan, “Benar, hari ini, kami mengundang perwakilan dari ketiga pasangan untuk rapat di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, pukul 14.00 WIB.”

Rapat tersebut akan membahas persiapan Paku Integritas yang akan diikuti oleh ketiga pasangan calon peserta Pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, menjelaskan bahwa ketiga pasangan calon peserta Pilpres 2024 telah mengonfirmasi kehadiran mereka dalam undangan pembekalan antikorupsi Paku Integritas oleh KPK. “Jadi, pasangan calon presiden dan wakil presiden sudah mengonfirmasi nanti akan hadir,” kata Ali Fikri.

Baca juga:  Ketua Nonaktif KPK Firli Bahuri Terlibat Kasus Pemerasan: Penyidik Polda Metro Jaya Ungkap Fakta-Fakta Penting

Kegiatan ini bukan bertujuan untuk saling adu gagasan pemberantasan korupsi, melainkan sebagai pembekalan antikorupsi serta penyampaian komitmen masing-masing kandidat terkait pemberantasan korupsi. Paku Integritas akan diakhiri dengan penandatanganan pakta integritas pemberantasan korupsi dan dihadiri oleh pihak dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Program Paku Integritas telah menjadi inisiatif KPK sejak tahun 2021 melalui Kedeputian Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat untuk memperkuat komitmen antikorupsi dari para penyelenggara negara. Dengan adanya forum ini, diharapkan akan terjadi sinergi antara calon pemimpin dan KPK dalam menjaga integritas dan menekan angka korupsi di tingkat penyelenggara negara.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru