Pertempuran Sengit antara TNI dan KKB di Papua: Kepala KKB Tewas dalam Kontak Tembak

Konten: Kembali terjadi kontak tembak sengit antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua, kali ini dipicu serangan KKB terhadap pos keamanan Satgas Yonif 330/TD di Sugapa.

Pasukan TNI memberikan perlawanan dengan melakukan serangan, mengakibatkan salah satu anggota KKB tewas dalam kontak tembak pada Selasa (23/1). Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III, Kolonel Gusti Nyoman Suriastawa, mengkonfirmasi bahwa Melkias Matani adalah anggota KKB yang terkena tembakan dan meninggal dunia.

Kontak tembak terjadi antara pukul 09.30 hingga 10.11 WIT. KKB awalnya melakukan empat kali tembakan dari permukiman yang berjarak 200 meter dari pos TNI. Personel TNI membalasnya, membuat KKB mundur ke arah gereja, bahkan menyeret anggotanya yang terkena tembakan.

Keterangan resmi menyebutkan bahwa penyerangan ini dipimpin oleh Yoswa Maiseni, komandan perang Batalyon Wabu. TNI mengungkapkan bahwa Yoswa menggunakan taktik menembak dan mundur ke arah permukiman warga untuk menghindari pengejaran aparat TNI-Polri.

Selain menewaskan Melkias Matani, serangan ini juga menimbulkan teror dengan pembakaran rumah warga sebagai upaya KKB menghilangkan jejak dari pengejaran aparat TNI-Polri. Kejadian ini merupakan serangan terbaru dalam beberapa hari terakhir, dimana sebelumnya, KKB menyerang Satgas Damai Cartenz dan membakar rumah dinas anggota DPRD Intan Jaya.

Baca juga:  KPK Menetapkan Eddy Hiariej sebagai Tersangka Suap Rp 8 Miliar dalam Kasus Suap dan Gratifikasi

Pengejaran terhadap kelompok Yoswa Maisani dan tiga anggota KKB lainnya terus dilakukan oleh aparat TNI-Polri. Pada tanggal 22 Januari, dilaporkan bahwa mereka tengah memburu Yoswa Maisani, Oni Kobagau, Jaringan Belau, dan Agustia untuk menghadirkan keadilan atas serangkaian aksi kriminal yang telah terjadi.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru