Anies Baswedan Ajak Anak Muda Ambil Peran dalam Politik untuk Membangun Etika dan Kepemimpinan

Dalam sebuah dialog dengan ratusan mahasiswa dan civitas academica Universitas Bina Bangsa (Uniba) di Kota Serang, Banten, pada Kamis, 21 Desember 2023, Calon Presiden nomor 1, Anies Baswedan, mengemukakan pandangan pentingnya keterlibatan orang baik dalam dunia politik. Anies menyoroti fenomena unik di mana orang bermasalah mendapat legitimasi sementara yang tak bermasalah malah dipermasalahkan saat terjun ke politik.

Anies Baswedan telah lama mendukung rekan-rekannya, termasuk dosen seperti Bima Arya dan Ridwan Kamil, untuk terlibat aktif dalam politik. Bahkan, ia turut serta dalam kampanye untuk mendukung dua nama terakhir. Menurut Anies, perlu ada perubahan pola pikir masyarakat, khususnya generasi muda, yang seharusnya mendukung individu baik yang memasuki dunia politik.

Dalam pesannya kepada mahasiswa, Anies menekankan pentingnya mengembangkan minat dan kepemimpinan di bidang politik, meskipun mereka berada di lingkungan kampus. Anies meyakinkan mereka bahwa suatu saat nanti, mereka akan memiliki peran penting dalam membangun masyarakat.

Kandidat presiden yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar juga mengingatkan bahwa setiap lembaga, institusi, dan masyarakat memiliki etika yang harus dijaga. Ia menyoroti peran pimpinan dalam menjaga etika, baik di lingkungan kampus maupun di Mahkamah Konstitusi (MK). Anies menekankan bahwa apabila masyarakat mulai berkompromi dengan pelanggaran etika, hal ini dapat merusak segala urusan.

Baca juga:  Ini Alasan Anies Baswedan Menyanyikan Lagu Maju Tak Gentar

Anies juga mengibaratkan keterlibatan orang dalam atau ordal sebagai suatu hal yang merugikan. Menurutnya, seseorang yang telah berprestasi tidak dapat melanjutkan prestasinya jika ada pihak lain yang memanfaatkan kedekatannya dengan orang tersebut. Jika terjadi kompromi atau ordal di tingkat pimpinan, dampaknya akan terasa di lapisan bawah atau daerah.

Dengan memberikan penekanan pada pemahaman etika dan kepemimpinan, Anies Baswedan berusaha merangsang perubahan pola pikir masyarakat, khususnya generasi muda, untuk lebih aktif terlibat dalam politik dan mendukung individu baik yang ingin memajukan bangsa.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru