Anies Baswedan: Keputusan Kemenangan Pemilu 2024 Ada di Tangan Rakyat, Bukan Elite

Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, memberikan tanggapan tegas terhadap pernyataan Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, yang menyatakan bahwa kemenangan pasangan Prabowo-Gibran dalam satu putaran Pemilu 2024 adalah suatu keharusan. Anies menegaskan bahwa keputusan untuk menentukan kemenangan ada di tangan rakyat, bukan elite politik.

“Rakyatlah yang menentukan apakah satu calon dapat suara berapa persen. Kalau elite yang menentukan, nanti dilakukan rekayasa untuk tercapai angka yang diharapkan oleh elite,” ujar Anies dengan tegas di Ambon pada Senin (15/1/2024).

Anies mengingatkan pentingnya memahami bahwa kewenangan untuk memilih dan menentukan kemenangan pasangan calon adalah hak prerogatif rakyat. Dia menekankan bahwa proses demokrasi harus tetap terjaga tanpa campur tangan pihak-pihak yang memiliki kekuasaan.

“Jangan-jangan ini indikasi akan ada rekayasa, dan itu harus dihindari. Biarkan rakyat yang menentukan. Apakah mereka mendukung satu putaran atau dua putaran, itu adalah kehendak rakyat, bukan kehendak elite,” tandas Anies.

Sebelumnya, pada Sabtu (13/1/2023), Ahmad Muzani, Sekjen Partai Gerindra, mengajak kader dan relawan untuk bekerja keras demi memastikan kemenangan Prabowo-Gibran dalam satu putaran Pemilu 2024. Muzani meyakini bahwa kemenangan satu putaran akan menjaga persatuan rakyat Indonesia.

Baca juga:  Jubir Timnas AMIN, ungkap Rencana dan Program NEF Paslon Anies Baswedan dan Muhaimin

“Kita harus memastikan kader Gerindra di berbagai daerah memastikan Prabowo menang satu putaran. Harus dipastikan bahwa pada Pemilu 2024 tanggal 14 Februari, Prabowo-Gibran akan memenangkan satu putaran,” ujar Muzani.

Dengan pernyataannya, Anies Baswedan menekankan pentingnya menjaga integritas dan independensi proses pemilihan, serta mengingatkan bahwa suksesnya Pemilu haruslah hasil dari kehendak rakyat yang bebas dan tanpa campur tangan yang tidak seharusnya.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru