Anies Baswedan Respons Terhadap Isu Lithium Ferro Phosphate (LFP) dalam Debat Pilpres 2024

Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, memberikan tanggapan tegas terhadap pernyataan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming, yang mengaitkan nama Thomas Lembong dengan isu Lithium Ferro Phosphate (LFP) dalam Debat Keempat Pilpres 2024.

Anies mengisyaratkan bahwa ada kecenderungan seseorang yang merindukan peran Tom Lembong, mantan Menteri Perdagangan RI yang telah memberikan kontribusi besar kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Mungkin ada yang kangen sama Tom, Tom itu dulu penulis pidato. Tanyain aja berapa kali nulis pidato (Jokowi),” ungkap Anies di Stadion Mini Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/1/2024).

Pertemuan ini terjadi setelah Gibran Rakabuming menyinggung Thomas Lembong saat membahas isu Lithium Ferro Phosphate (LFP) dalam Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu malam (21/1/2024).

Gibran menyebut bahwa pasangan calon nomor urut 1 kerap mengangkat isu LFP, lithium ferro phosphate, sambil menyatakan keraguan terkait penggunaan nikel oleh Tesla. “Paslon nomor 1 dan timsesnya sering gaungkan LFP, lithium ferro phosphate. Saya enggak tahu ini pasangan nomor 1 ini anti nikel apa gimana,” ujar Gibran.

Baca juga:  Slank Deklarasikan Dukungan untuk Paslon 03 Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

Mendengar penjelasan yang kurang jelas dari Gibran, Moderator Debat meminta Wali Kota Solo tersebut untuk menjelaskan apa yang dimaksud dengan LFP. “Saya jelaskan juga enggak apa-apa. LFP, lithium ferro phosphate, tadi sudah saya bilang, itu sering digaungkan Pak Tom Lembong,” jelas Anies.

Melalui pertukaran pandangan ini, terlihat adanya perbedaan pendapat antara kedua pasangan calon terkait isu LFP dan penggunaan nikel oleh Tesla. Perlu diingat bahwa Tom Lembong, yang disebutkan oleh Gibran, memiliki sejarah sebagai penulis pidato yang konon sangat berpengaruh bagi Presiden Jokowi.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru