Anies Baswedan Soroti Kebobolan Kemenhan dalam Debat Ketiga Pilpres 2024

Dalam debat ketiga calon presiden Pilpres 2024 di Istora Senayan, Anies Baswedan, calon nomor urut 1, mengungkapkan keheranannya terhadap Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang menjadi korban pembobolan hacker pada tahun 2023. Anies menyampaikan keprihatinannya terkait anggaran Kemenhan yang mencapai 700 triliun namun tidak mampu mengatasi keamanan siber.

Anies mempertanyakan efektivitas anggaran tersebut yang seharusnya digunakan untuk melindungi sistem pertahanan negara dari ancaman siber. Menurutnya, fokus anggaran lebih tertuju pada pengadaan alutsista bekas dan bukan pada pembenahan infrastruktur dan keamanan siber.

Selain itu, Anies juga merujuk pada calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, yang memiliki luas tanah sekitar 340 ribu hektare di Indonesia. Dia mengajukan perubahan terkait kebijakan tersebut, termasuk menyoroti proyek food estate singkong yang dianggapnya tidak memberikan dampak positif pada lingkungan dan hasil ekonomi.

Debat ketiga ini menjadi sorotan karena mengangkat tema pertahanan dan keamanan, hubungan internasional, globalisasi, serta geopolitik dan politik luar negeri. Panelis debat ketiga telah dikarantina sejak Jumat, 5 Januari 2024, dan diharapkan mampu menghadirkan diskusi yang informatif dan substansial.

Baca juga:  Dalam Debat Kedua Capres, Anies Ungkap Fakta 4,8 Juta Orang Terpapar Narkoba

Dengan perbincangan yang menyoroti isu keamanan siber, kebijakan pertahanan, dan perbandingan antar calon presiden, debat ketiga Pilpres 2024 menjadi momentum penting bagi pemilih untuk mengevaluasi visi dan gagasan para calon presiden.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru