Debat Cawapres: Muhaimin Iskandar Bingung dengan SGIE, Gibran Rakabuming Bantu dengan Catatan

Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menghadapi momen canggung saat cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menanyakan pandangannya terkait State of the Global Islamic Economy (SGIE) dalam debat di JCC, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Desember 2023.

Gibran Rakabuming, dengan sigapnya, mencoba menjelaskan konsep SGIE kepada Cak Imin, yang mengaku belum pernah mendengar istilah tersebut sebelumnya. Dalam perbincangan ini, terungkap momen kebingungan dan ‘sontek-sontekan’ yang membuat debat semakin menarik.

Mengawali sesi tanya jawab, Gibran memberikan satu pertanyaan kepada Cak Imin terkait langkah konkret yang akan diambil untuk meningkatkan peringkat Indonesia di SGIE. Ia yakin sebagai ketua umum PKB, Cak Imin pasti memahami masalah tersebut. Namun, ternyata, Cak Imin tampak bingung dengan istilah SGIE.

Ketika Gibran menjelaskan bahwa SGIE merupakan singkatan dari State of the Global Islamic Economy, Cak Imin tampak mencari pemahaman lebih lanjut. Dengan sopan, ia memastikan makna istilah tersebut sebelum memberikan jawaban.

Dalam jawabannya, Cak Imin mencermati sektor-sektor seperti makanan halal, skincare halal, dan fashion halal yang telah masuk dalam peringkat 10 besar SGIE. Gibran memberikan contoh konkrit, membuat atmosfer debat semakin hidup.

Baca juga:  Media Asing Soroti Pernyataan Jokowi Terkait Dukungan Politik

Meskipun Gibran menyatakan permintaan maaf dan berseloroh bahwa pertanyaannya mungkin tergolong sulit, fakta bahwa ia harus ‘menyontek’ catatan ketika menjelaskan SGIE kepada Cak Imin menambah nuansa kocak dalam perdebatan.

Dengan penuh dinamika, sesi ini memberikan gambaran tentang tantangan yang dihadapi oleh calon pemimpin terkait pemahaman akan isu-isu ekonomi global, khususnya dalam konteks ekonomi Islam.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru