Jusuf Kalla Ingatkan Pentingnya Ketenangan Pikiran Pemimpin dalam Memimpin Bangsa

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK), menyoroti kriteria penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin bangsa, yakni memiliki ketenangan pikiran dan tidak terpancing emosional. JK menegaskan bahwa seorang pemimpin perlu memiliki gagasan yang kokoh dan sikap yang tenang dalam memimpin Bangsa Indonesia.

JK telah secara terbuka menyatakan dukungannya kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta pada Rabu (10/1/2024), JK menekankan bahwa di tengah berbagai permasalahan bangsa, pemimpin harus mempertahankan ketenangan pikiran dan mampu mengambil keputusan yang bijak.

Saat mendampingi cawapres Muhaimin Iskandar dalam kampanye di Surabaya, Jawa Timur, JK memberikan pengingat kepada pasangan calon AMIN untuk menjalankan kampanye dengan baik dan efektif.

Menurut JK, Anies dan Muhaimin perlu secara jelas menjelaskan gagasan-gagasan mereka agar dapat meyakinkan masyarakat bahwa mereka adalah pemimpin yang dapat dipercaya dan memiliki kapasitas untuk membawa kemajuan bagi bangsa.

“Tentu harus memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa memang AMIN ini merupakan pemimpin yang bisa dipercaya, amanah, dan juga cerdas untuk kemajuan bangsa,” ujar JK.

Baca juga:  Guru Besar UMS Serukan Maklumat Kebangsaan, Respons Terhadap Penyimpangan dan Peluruhan Fondasi Kebangsaan

Pada proses pemilihan presiden dan wakil presiden 2024, KPU telah menetapkan tiga pasangan calon yang akan bertarung, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye telah dimulai sejak 28 November 2023 dan akan berlangsung hingga 10 Februari 2024, dengan pemungutan suara yang dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru