Sido Muncul Raih Proper Emas untuk Keempat Kalinya, Dirut Irwan Hidayat Dapat Penghargaan Green Leadership

PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk telah kembali meraih penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) dengan peringkat “Emas” dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk periode 2022-2023. Ini merupakan keempat kalinya secara berturut-turut perusahaan ini mendapatkan penghargaan yang sama, menunjukkan komitmen mereka terhadap pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan.

Pada acara yang sama, Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, kembali menerima penghargaan Green Leadership Utama Dunia Usaha untuk yang kedua kalinya. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada pemimpin tertinggi perusahaan yang meraih Proper Emas dan menerapkan perubahan luar biasa.

Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin menyerahkan penghargaan tersebut kepada Manager Budidaya Tanaman dan Pusat Penelitian Rempah Sido Muncul (PPRS), Bambang Supartoko, yang mewakili Irwan Hidayat di Birawa Hall Hotel Bidakara.

PROPER diberikan atas kinerja dunia usaha, khususnya Sido Muncul, dalam pengelolaan lingkungan, eco-inovasi, inovasi sosial, dan kepemimpinan lingkungan (green leadership) perusahaan. Aspek penilaian green leadership mencakup pengentasan kemiskinan, pengurangan kesenjangan, pemberdayaan perempuan, sistem pangan sehat, sistem energi terbarukan, dan keberlanjutan lingkungan.

Baca juga:  Mahfud MD Singgung Food Estate. Tanam Singkong Tumbuh Jagung

Irwan Hidayat menyatakan bahwa Sido Muncul telah melakukan berbagai upaya pengentasan kemiskinan melalui community development dan pengurangan kesenjangan sosial. Perusahaan ini berkomitmen untuk menggunakan energi terbarukan dan ramah lingkungan, seperti energi surya dan gas.

Penghargaan PROPER Emas bukan hanya untuk perusahaan tetapi untuk semua pekerja. Irwan menekankan bahwa setiap orang di perusahaan berusaha untuk meraih penghargaan emas, sehingga peringkat yang diterima menjadi kebanggaan bagi Sido Muncul.

Bambang menambahkan bahwa tantangan mempertahankan PROPER Emas cukup berat, terutama dalam mendukung program keberlanjutan. Desa Sambirata, sebagai program unggulan Community Development Sido Muncul, berhasil menjadi desa mandiri dengan efisiensi energi dan air bersih yang signifikan.

Program “Integrasi Sambirata Menuju Desa Mandiri” (INTISARI) di Sambirata mencakup eco-inovasi, pengolahan gula kelapa, pengelolaan kapulaga, dan eco-agroforestry. Sido Muncul berencana untuk mengembangkan konsep desa mandiri ke desa-desa lainnya, dengan fokus pada keberlanjutan dan pemberdayaan masyarakat.

Penghargaan PROPER Emas ini diharapkan dapat menjadi insentif bagi perusahaan dan menjadi bagian dari branding perusahaan sebagai pelaku yang melampaui kepatuhan dalam menjaga lingkungan.

Baca juga:  Pendaftaran Pengguna LPG Tabung 3 Kg Wajib Sebelum 1 Januari 2024: Kebijakan Terbaru dari Kementerian ESDM

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru