10 Tanaman Hias yang Bisa Menyerap Asap Rokok, Bikin Udara Segar dan Sehat di Rumah

Asap rokok mengandung berbagai zat berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan, baik bagi perokok aktif maupun perokok pasif. Salah satu cara untuk mengurangi dampak negatif asap rokok adalah dengan menanam tanaman hias yang bisa menyerap asap rokok.

Tanaman hias tidak hanya memiliki fungsi estetika, tetapi juga dapat membantu membersihkan udara dari polutan dan racun. Beberapa jenis tanaman hias terbukti efektif dalam menyerap asap rokok dan meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Berikut adalah 10 tanaman hias yang bisa menyerap asap rokok:

1. Lidah Mertua (Sansevieria trifasciata)

Lidah mertua merupakan salah satu tanaman hias yang paling populer dan mudah dirawat. Tanaman ini mampu menyerap berbagai zat berbahaya dalam asap rokok, termasuk formaldehida, benzena, dan trikloroetilen. Lidah mertua juga efektif dalam menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen di malam hari, sehingga membantu meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

2. Srih Gading (Epipremnum aureum)

Sirih gading adalah tanaman hias merambat yang mudah tumbuh dan tidak memerlukan banyak perawatan. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk menyerap formaldehida, xilen, dan toluena dari asap rokok. Sirih gading juga membantu membersihkan udara dari polutan lain seperti debu dan asap kendaraan.

Baca juga:  10 Tanaman hias yang Cocok untuk Dekorasi Rumah

3. Palem Kuning (Dypsis lutescens)

Palem kuning adalah tanaman hias yang indah dan elegan yang dapat memberikan nuansa tropis di dalam ruangan. Tanaman ini efektif dalam menyerap formaldehida, xilen, dan amonia dari asap rokok. Palem kuning juga membantu meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan.

4. Spider Plant (Chlorophytum comosum)

Spider plant adalah tanaman hias yang mudah tumbuh dan tidak memerlukan banyak perawatan. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk menyerap formaldehida, karbon monoksida, dan nitrogen dioksida dari asap rokok. Spider plant juga membantu membersihkan udara dari polutan lain seperti debu dan asap kendaraan.

5. Peace Lily (Spathiphyllum)

Peace lily adalah tanaman hias yang indah dengan bunga putih yang menawan. Tanaman ini efektif dalam menyerap formaldehida, benzena, dan trikloroetilen dari asap rokok. Peace lily juga membantu membersihkan udara dari polutan lain seperti debu dan asap kendaraan.

6. Lidah Buaya (Aloe vera)

Lidah buaya terkenal dengan khasiat obatnya, namun tanaman ini juga memiliki kemampuan untuk menyerap formaldehida, benzena, dan trikloroetilen dari asap rokok. Lidah buaya juga membantu membersihkan udara dari polutan lain seperti debu dan asap kendaraan.

Baca juga:  Bunga Sedap Malam: Aroma yang Memikat di Malam Hari

7. Krisan (Chrysanthemum)

Krisan adalah tanaman hias yang indah dengan berbagai macam warna bunga. Tanaman ini efektif dalam menyerap formaldehida, benzena, dan amonia dari asap rokok. Krisan juga membantu membersihkan udara dari polutan lain seperti debu dan asap kendaraan.

8. Aglaonema

Aglaonema adalah tanaman hias yang mudah tumbuh dan tidak memerlukan banyak perawatan. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk menyerap formaldehida, benzena, dan toluena dari asap rokok. Aglaonema juga membantu membersihkan udara dari polutan lain seperti debu dan asap kendaraan.

9. Karet Merah (Ficus elastica)

Karet merah adalah tanaman hias yang indah dengan daun berwarna merah yang menawan. Tanaman ini efektif dalam menyerap formaldehida, benzena, dan trikloroetilen dari asap rokok. Karet merah juga membantu membersihkan udara dari polutan lain seperti debu dan asap kendaraan.

10. Philodendron

Philodendron adalah tanaman hias yang mudah tumbuh dan tidak memerlukan banyak perawatan. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk menyerap formaldehida, benzena, dan amonia dari asap rokok. Philodendron juga membantu membersihkan udara dari polutan lain seperti debu dan asap kendaraan.

Baca juga:  Bunga Palem Kuning: Pesona Tropis dalam Tanaman Hias

Tips Merawat Tanaman Hias untuk Menyerap Asap Rokok:

  • Pilihlah tanaman yang sesuai dengan kondisi ruangan Anda, seperti tingkat cahaya dan kelembaban.
  • Pastikan tanaman mendapatkan cukup air dan cahaya matahari.
  • Bersihkan daun tanaman secara berkala untuk menghilangkan debu dan kotoran.
  • Gunakan pot dengan drainase yang baik untuk mencegah akar tanaman busuk.

Menanam tanaman hias yang bisa menyerap asap rokok merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi Anda dan keluarga.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru