Pakar Kesehatan Ungkap Kandungan Gizi Ikan Tilapia, Sebagai Investasi Sehat untuk Generasi Emas

Dalam perayaan Hari Ikan Nasional 2023, Dr. Ing Dase Hunaefi dari IPB menggarisbawahi pentingnya asupan gizi seimbang sejak dini untuk mencapai generasi emas. Fokusnya pada asupan protein yang optimal dan seimbang, di mana ikan tilapia menjadi alternatif unggulan.

Dokter Dase menekankan bahwa pertumbuhan unggul terkait erat dengan asupan protein yang memainkan peran vital dalam sumber energi, pertumbuhan jaringan tubuh, dan menjaga kesehatan kulit serta sistem kekebalan tubuh. Ikan tilapia, dengan kandungan protein mencapai 34%, menjadi pilihan yang sangat baik, terutama untuk masa pertumbuhan.

Keunggulan Nutrisi Tilapia

Tilapia tidak hanya unggul dalam kandungan protein, tetapi juga memiliki kelebihan lain. Keseimbangan rasio Omega-3 dan Omega-6, kandungan vitamin D, dan vitamin C menjadikan ikan ini pilihan utama dalam pemenuhan kebutuhan gizi. Dr. Dase menyoroti betapa pentingnya budidaya tilapia di lingkungan yang baik, seperti yang dilakukan oleh Regal Springs Indonesia di Danau Toba.

Menjaga lingkungan budidaya tilapia memastikan ikan bebas dari kontaminasi bahan kimia dan cemaran. Contoh dari peternakan tilapia yang baik menunjukkan bahwa ketatnya pengaturan jumlah ikan pada satu keramba dapat meningkatkan kualitas produk, sehingga menjadi alternatif yang lebih aman dan sehat.

Baca juga:  Penyebab Bersin Bersin, Gejala dan Pengobatannya

Manfaat Protein Tilapia untuk Kesehatan Tubuh dan Imunisasi

Dr. Dase menguraikan bahwa protein tilapia bukan hanya berperan dalam pertumbuhan, tetapi juga memiliki dampak positif pada kebugaran tubuh dan sistem kekebalan. Kandungan protein yang tinggi, mencapai 34%, memberikan dukungan optimal untuk menjaga imunisasi tubuh. Lebih lanjut, ikan tawar seperti tilapia memiliki risiko lebih rendah terhadap alergi dibandingkan dengan ikan laut.

Pentingnya menjaga kandungan protein pada ikan menjadi fokus, dan Dr. Dase memberikan tip untuk menghindari proses pemasakan yang dapat mengurangi kualitas asam amino. Hal ini penting untuk memastikan manfaat gizi tilapia tetap maksimal.

Peran Strategis Ikan Tilapia dalam Ketahanan Pangan dan Ekonomi Nasional

Rudolf Hoeffelman, President Director Regal Springs Indonesia, menyoroti peran strategis ikan tilapia dalam mencapai ketahanan pangan dan pertumbuhan ekonomi nasional. Ikan tilapia menjadi salah satu komoditas ekspor utama di sektor perikanan Indonesia, memberikan kontribusi positif terhadap daya saing produk kelautan dan perikanan.

Dalam konteks ini, Ketua Tim Kerja Promosi Dalam Negeri, Emy Khonifah, menggarisbawahi bagaimana ikan, khususnya tilapia, menjadi kunci untuk mencapai keberhasilan RPJMN 2020-2024. Ikan menjadi indikator penting dalam mencapai keamanan pangan dan gizi nasional.

Baca juga:  Manfaat Kesehatan: Minum Air Putih yang Cukup Setiap Hari

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru