Cedera Sendi (Keseleo) Begini Cara Penanganan dan Peringatan Penting

Cedera sendi atau yang lebih akrab disebut keseleo bisa menjadi momok bagi siapa saja. Keseleo tidak hanya mengincar pergelangan kaki, tetapi juga bisa merambah ke sendi-sendi lain seperti lutut, panggul, siku, bahu, dan pergelangan tangan.

Mekanisme terjadinya keseleo pun bervariasi, mulai dari kejadian dramatis seperti jatuh dengan kecepatan tinggi hingga momen sepele seperti terpuntir ketika berjalan. Ligamen, jaringan penghubung tulang dalam sendi, menjadi korban utama dengan mengalami teregang dan robekan, menghasilkan gejala keseleo dari yang ringan hingga berat.

Setelah terjadi keseleo, langkah pertama yang dapat diambil adalah penanganan mandiri dengan teknik RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation). Istirahatkan sendi yang cedera, gunakan es untuk mengurangi pembengkakan, berikan tekanan dengan perban, dan pastikan sendi lebih tinggi daripada jantung untuk mengurangi pembengkakan.

Namun, penting diingat, jangan pernah mencoba pemijatan pada area yang cedera. Ini bisa memperburuk kondisi dan menghambat proses penyembuhan. Keseleo umumnya sembuh dalam 2-12 minggu, tetapi jika tidak ada perkembangan, perlu waspada terhadap kemungkinan cedera yang lebih serius.

Baca juga:  Cara Cepat Menyembuhkan Kaki Keseleo Tanpa Efek Samping

Pasien dengan cedera ligamen yang parah mungkin mengalami sensasi tidak stabil pada sendi, nyeri, dan bengkak yang datang dan pergi. Kegoyahan ini bisa berujung pada cedera lebih lanjut dan risiko pengapuran sendi dini. Apabila gejala persisten selama lebih dari tiga bulan, segera periksakan ke dokter spesialis bedah ortopedi untuk tatalaksana yang optimal.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru