Temuan Surat Suara Rusak: KPU Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Bersiap Rekapitulasi Kembali

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengungkapkan penemuan 473 surat suara Pemilu 2024 yang diduga rusak, pada Kamis (11/1/2024). Temuan ini terjadi setelah proses penyortiran dan pelipatan di Gudang KPU Kabupaten Basel, yang berlangsung dari 2 hingga 10 Januari 2024.

Ketua KPU Kabupaten Bangka Selatan, Muhidin, menjelaskan bahwa 473 lembar surat suara mengalami kerusakan atau cacat selama proses sortir lipat. “Sebelumnya, 130 tenaga sortir lipat telah diberikan pemahaman sesuai Keputusan KPU Nomor 1395 tentang teknis tata kelola logistik pemilihan umum,” ujar Muhidin.

Muhidin menegaskan bahwa sebelum proses sortir lipat dimulai, seluruh tenaga sortir telah diberikan briefing tentang tata cara sortir lipat, termasuk penanganan surat suara yang rusak atau tidak sesuai. Proses rekapitulasi surat suara rusak akan dilakukan kembali untuk memastikan tingkat kerusakan.

“KPU Bangka Selatan akan menyelenggarakan rapat pleno internal untuk menentukan jumlah kerusakan setiap jenis surat suara dan dapil. Data ini kemudian akan disampaikan secara berjenjang hingga KPU RI,” jelas Muhidin.

Dari total 473 lembar surat suara rusak, rinciannya mencakup 23 lembar untuk Presiden dan Wakil Presiden, 181 lembar untuk DPR RI, 65 lembar untuk DPD RI, 31 lembar untuk DPRD Kabupaten Basel dapil 1, 23 lembar untuk DPRD Kabupaten Basel dapil 2, 3 lembar untuk DPRD Kabupaten Basel dapil 3, dan 20 lembar untuk DPRD Kabupaten Basel dapil 4.

KPU Bangka Selatan bertekad untuk memastikan keabsahan proses Pemilu dengan tindakan transparan dan akuntabel.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru