Sumatera Selatan Borong 2 Penghargaan Bergengsi di Acara Innovative Government Award 2023

Baba.co.id, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) meraih kebanggaan luar biasa dalam Acara Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian secara langsung menyerahkan dua penghargaan bergengsi kepada Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, pada Selasa (12/12/2023).

Sumatera Selatan berhasil meraih gelar Juara Pertama Innovative Government Award (IGA) tahun 2023 dengan predikat “Pemerintah Provinsi Terinovatif” dan kategori “Skor Tertinggi Regional I di Pulau Sumatera.” Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari Pemerintah Pusat terhadap semangat dan keberhasilan Pemerintah Daerah dalam menjalankan Pemerintahan Daerah dengan pendekatan inovatif.

Penjabat Gubernur Sumsel, Agus Fatoni, menyampaikan bahwa Provinsi ini mengajukan sebanyak 214 inovasi pada tahun 2023, dengan dua di antaranya menjadi inovasi unggulan baik dalam bentuk Digital maupun Non Digital. “Inovasi Digital terdiri dari Sumsel Tanggap yang berasal dari Dinas Kesehatan, dan Inovasi Non Digital yaitu Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP),” ujarnya.

Baca juga:  Skandal Pegawai Bank BUMN di OKI, Manipulasi Dana Nasabah, Raup Keuntungan Senilai Rp6,4 Miliar

Fatoni telah meramalkan kesuksesan Provinsi Sumatera Selatan sejak tim juri melakukan validasi lapangan pada 16 Oktober lalu. “Kita harap Sumsel bisa menjadi juara satu dengan dua inovasi ini, karena tidak heran jika Sumsel ini menjadi nomor satu karena memang inovasi yang ditampilkan ini bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

Tentang dua penghargaan yang diraih, Fatoni menekankan pentingnya pembinaan dan sosialisasi kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan unit kerja terkait, termasuk Sumber Daya Manusia (SDM), untuk terus mendorong terciptanya inovasi. “Inovasi tak akan terhenti karena inovasi ini merupakan solusi untuk menyelesaikan persoalan dan mengembangkan pelayanan,” tambahnya.

Provinsi Sumsel memastikan bahwa setelah inovasi dilakukan, langkah selanjutnya adalah mengupdate dan mengupgrade inovasi tersebut. “Tujuannya adalah untuk menciptakan agar Sumsel itu menjadi budaya, sistem iklimnya itu inovatif,” terang Fatoni. Ia menegaskan bahwa inovasi perlu dipertahankan setiap tahun agar Provinsi Sumsel dapat terus berpartisipasi dalam berbagai kompetisi dan memastikan bahwa semangat inovatif terus berlanjut.

Kebanggaan terhadap prestasi Provinsi Sumatera Selatan semakin terangkat ketika diketahui bahwa ini bukan kali pertama mereka meraih penghargaan IGA. Sebelumnya, Provinsi Sumsel telah berhasil meraih penghargaan tersebut selama tiga tahun berturut-turut, yakni pada tahun 2021, 2022, dan kini pada tahun 2023.

Baca juga:  Strategi Sumatera Selatan dalam Mengatasi Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan: Pencerahan dari Konferensi PBB

Acara penganugerahan tersebut turut dihadiri oleh Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Sumsel Dr.Drs H. Alamsyah.,M.Pd, Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Ruzuan Efendi, serta Kepala Dinas Kesehatan Sumsel dr. H. Trisnawarman, M.Kes.

Keberhasilan Provinsi Sumatera Selatan dalam mendapatkan dua penghargaan sekaligus di IGA 2023 menunjukkan bahwa semangat inovasi dan kualitas pelayanan yang tinggi telah menjadi bagian integral dari pemerintahan daerah. Prestasi ini juga menegaskan komitmen Provinsi Sumsel untuk terus berinovasi demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru