OKI Mantab 2045, Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Ogan Komering Ilir 2045

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (Pemkab OKI) tengah merumuskan visi jangka panjang melalui Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (Ranwal RPJPD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) 2045. Merupakan penjabaran dari visi “OKI Mantab 2045,” rencana ini bertujuan mewujudkan kemajuan, kemandirian, ketangguhan, dan keberlanjutan dalam pembangunan daerah.

Aidil Aswari, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) OKI, menjelaskan bahwa kemajuan diartikan sebagai tingkat kualitas hidup masyarakat OKI yang diukur melalui indikator pendidikan, kesehatan, dan pendapatan perkapita. Dalam Forum Konsultasi Publik (FKP) RPJPD OKI 2045 di Kayuagung, Aidil menyampaikan konsep mandiri sebagai kemampuan daerah dalam mengelola sumber daya dan potensi demi kemakmuran masyarakat serta mengurangi tingkat ketergantungan terhadap pemerintah pusat.

Visi tangguh, menurut Aidil, mencakup kondisi daerah yang didukung oleh infrastruktur, jaringan, dan sarana prasarana sesuai standar. Hal ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan pusat-pusat aktivitas sosial, ekonomi, dan budaya di masyarakat. Visi ini sejalan dengan ambisi Indonesia Emas 2045 dan Sumsel Mapan 2045, menegaskan komitmen OKI terhadap arah pembangunan nasional dan regional.

Baca juga:  Penjabat (Pj) Bupati Ogan Komering Ilir Sambut hangat Panglima Kodam

Bupati Ogan Komering Ilir, H. M Dja’far Shodiq, menekankan bahwa RPJPD OKI 2045 menjadi pijakan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk tahun 2025 dan 2026. Dja’far berharap pencapaian positif dalam lima tahun terakhir, terutama dalam RPJMD 2019-2024, dapat diperkuat, khususnya dalam pembangunan sumber daya manusia, pelayanan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.

Shodiq juga mengajak semua pihak terkait untuk berperan aktif dalam mensukseskan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir ini. Sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta diharapkan dapat menciptakan transformasi positif yang berkelanjutan bagi OKI.

Melangkah lebih jauh, RPJPD OKI 2045 mencerminkan semangat untuk bersaing secara global dengan fokus pada pembangunan berkelanjutan. Langkah-langkah strategis akan diimplementasikan untuk mencapai visi OKI Mantab 2045, termasuk peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan. Pembangunan infrastruktur yang merata dan sesuai standar juga menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan yang tangguh dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Dalam menghadapi tantangan masa depan, RPJPD OKI 2045 akan memberikan perhatian khusus pada inovasi dan teknologi. Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan keterampilan dan peningkatan akses terhadap sumber daya ekonomi akan menjadi prioritas. Selain itu, upaya pelestarian lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan akan diintegrasikan ke dalam setiap kebijakan pembangunan.

Baca juga:  Kejari OKI Lakukan Pemusnahan Barang Bukti Perkara Tindak Pidana

Pentingnya peran sektor swasta sebagai mitra strategis dalam mendorong investasi dan pertumbuhan ekonomi lokal juga ditekankan dalam RPJPD OKI 2045. Pemkab OKI akan menciptakan lingkungan bisnis yang kondusif, mendorong inovasi, dan memberikan insentif untuk investasi yang berkelanjutan.

Sebagai upaya nyata dalam mewujudkan OKI Mantab 2045, partisipasi aktif masyarakat dalam setiap tahap perencanaan dan pelaksanaan proyek pembangunan akan menjadi prioritas. Transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan anggaran daerah akan ditingkatkan, memastikan bahwa setiap rupiah yang diinvestasikan memberikan dampak positif yang maksimal bagi masyarakat OKI.

Dalam konteks peningkatan kesejahteraan masyarakat, RPJPD OKI 2045 juga akan fokus pada pengembangan potensi ekonomi lokal. Program-program pemberdayaan ekonomi masyarakat, termasuk kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), akan diperkuat. Dengan demikian, RPJPD OKI 2045 tidak hanya menjadi panduan pembangunan struktural, tetapi juga instrumen untuk menciptakan inklusivitas ekonomi dan meningkatkan taraf hidup semua lapisan masyarakat.

Kesimpulannya, RPJPD OKI 2045 bukan hanya sekadar dokumen perencanaan, tetapi representasi komitmen Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi masyarakatnya. Dengan dukungan semua pihak, OKI Mantab 2045 dapat menjadi kenyataan, menandai era kemajuan, kemandirian, ketangguhan, dan keberlanjutan yang berkesinambungan bagi Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Baca juga:  Skandal Pegawai Bank BUMN di OKI, Manipulasi Dana Nasabah, Raup Keuntungan Senilai Rp6,4 Miliar

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru