26 Ilir: Pasar dan Sentral Kampung Pempek Palembang yang Wajib dikunjungi

Palembang, ibu kota Provinsi Sumatra Selatan, dikenal sebagai “Kota Pempek” yang mengakar dalam sejarah makanan khasnya, pempek. Pempek, yang terbuat dari ikan dan tepung sagu, digoreng, dan disajikan dengan cuka dan sambal, telah menjadi warisan kuliner yang tak tergantikan sejak zaman Kerajaan Sriwijaya. Salah satu tempat paling ikonik untuk menikmati kelezatan pempek ini adalah Kampung Pempek 26 Ilir di Palembang.

Sentral Kampung Pempek 26 Ilir

Sentral Kampung Pempek 26 Ilir, yang terletak di Jalan Mujahiddin, Kelurahan 26 Ilir, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang, menjadi pusat perhatian para pecinta kuliner dan pengunjung kota. Kampung ini telah menjadi surga bagi puluhan pedagang pempek yang menawarkan beragam varian dan olahan pempek yang lezat.

Sejarah Berkembangnya Kampung Pempek 26 Ilir

Lokasi Kampung Pempek 26 Ilir ini sangat padat rumah rumah tua, Sejarahnya Kampung Pempek 26 Ilir dimulai pada era 1990-an ketika beberapa keluarga membuka warung pempek di sekitar Pasar 26 Ilir. Warung-warung ini dengan cepat mendapatkan popularitas dan menjadi destinasi kuliner yang diminati oleh warga lokal dan wisatawan. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak warung pempek bermunculan di sekitar Pasar 26 Ilir, menjadikan kawasan ini semakin ramai dan terkenal.

Baca juga:  Laksan Palembang, Sajian Istimewa dan Makanan Khas yang Palembang

Puncak kejayaan Kampung Pempek 26 Ilir tercapai pada tahun 2010 ketika Pemerintah Kota Palembang secara resmi menetapkan kampung ini sebagai sentra kuliner pempek. Keputusan ini memperkuat reputasi Kampung Pempek 26 Ilir sebagai destinasi kuliner unggulan di Palembang.

Variasi dan Inovasi Pempek

Di Kampung Pempek 26 Ilir, pengunjung dapat menjumpai beragam varian pempek yang memikat lidah. Varian klasik seperti pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan, dan pempek keriting menjadi daya tarik utama. Pempek kapal selam dengan isian telur, pempek lenjer berbentuk lonjong panjang, pempek adaan berbentuk bulat dengan isian daging ikan, dan pempek keriting dengan tekstur keriting, semuanya menawarkan pengalaman rasa yang unik.

Tidak hanya itu, Kampung Pempek 26 Ilir juga menjadi tempat inovasi dengan menciptakan varian pempek yang lebih eksotis, seperti pempek durian, pempek keju, dan pempek kulit. Pempek durian menggabungkan cita rasa pempek dengan kelezatan daging durian, sementara pempek keju menawarkan sensasi rasa yang berbeda dengan tambahan keju. Pempek kulit, yang terbuat dari kulit ikan yang digoreng, menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mencari pengalaman kuliner yang berbeda.

Baca juga:  Resep: Cara Membuat Pempek Palembang Tanpa Ikan

Harga Terjangkau, Kenikmatan Tak Tertandingi

Salah satu daya tarik Kampung Pempek 26 Ilir adalah harganya yang terjangkau ada yang mulai dari Seribu Rupiah. Harga pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan, dan pempek keriting memiliki rentang harga yang bersahabat, memudahkan pengunjung untuk menikmati kelezatan kuliner khas Palembang ini tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

Namun, untuk varian yang lebih eksotis seperti pempek durian, pempek keju, dan pempek kulit, pengunjung dapat mengharapkan harga yang sedikit lebih tinggi, sebanding dengan keunikan rasa yang ditawarkan.

Tips Menikmati Pempek di Kampung Pempek 26 Ilir

Bagi para pengunjung yang ingin merasakan sepenuhnya kelezatan pempek di Kampung Pempek 26 Ilir, beberapa tips berikut dapat membantu:

  1. Pilih Waktu yang Tepat: Kunjungilah Kampung Pempek 26 Ilir pada pagi atau sore hari untuk menghindari keramaian yang biasanya terjadi pada siang hari.
  2. Nikmati Pempek yang Hangat: Pesanlah pempek yang masih hangat untuk mendapatkan sensasi rasa yang lebih nikmat.
  3. Jelajahi Varian Pempek: Jangan ragu untuk mencoba berbagai varian pempek yang ditawarkan. Setiap varian memiliki karakteristik dan keunikan rasa tersendiri.
Baca juga:  Martabak HAR Palembang: Lezatnya Tepung Terigu, Telur, dan Kuah Kari yang Menggoda Lidah

Kunjungi 26 Ilir

Kampung Pempek 26 Ilir adalah destinasi kuliner yang wajib dikunjungi bagi para pecinta kuliner dan penggemar pempek. Dengan sejarahnya yang kaya, beragam varian pempek yang lezat, dan harga yang terjangkau, kampung ini tidak hanya menjadi pusat kuliner di Palembang tetapi juga merangkul inovasi dengan memperkenalkan varian pempek yang unik. Maka, beranilah menjelajahi Kampung Pempek 26 Ilir, di mana setiap gigitan pempek menjadi perjalanan rasa yang tak terlupakan.

Peta: https://maps.app.goo.gl/tuDKeGrZvwhqj13E6

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru