Jadwal dan Harga Tiket LRT Palembang

Lintas Rel Terpadu (LRT) Palembang menjadi solusi modern yang memberikan manfaat signifikan bagi warga kota dan sekitarnya. Keberadaan banyak stasiun di dalam sistem LRT ini memudahkan aksesibilitas bagi penduduk Palembang, memungkinkan mereka untuk menjangkau berbagai bagian kota dengan lebih efisien. Harga tiket yang terjangkau membuat LRT menjadi pilihan transportasi yang ekonomis bagi berbagai lapisan masyarakat.

Salah satu keunggulan utama LRT Palembang adalah kemampuannya untuk menyediakan alternatif transportasi yang cepat tanpa terjebak dalam kemacetan lalu lintas. Dengan rute sepanjang 23,4 kilometer yang menghubungkan Stasiun DJKA di pusat kota dengan Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, LRT Palembang menjadi sarana yang efektif untuk mengatasi masalah mobilitas di kawasan tersebut.

LRT Palembang juga memberikan dampak positif dalam sektor pariwisata. Selain berfungsi sebagai moda transportasi, LRT ini menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Palembang. Wisatawan dapat menikmati perjalanan dengan LRT sambil menikmati pemandangan kota, mengakomodasi kebutuhan mobilitas dan rekreasi secara bersamaan.

Beroperasinya LRT Palembang secara komersial sejak tanggal 3 Juli 2018, mencatatkan keberhasilan dalam menyediakan layanan transportasi yang handal. Masyarakat Palembang dan sekitarnya telah memilih LRT sebagai moda transportasi favorit mereka, mengingat kenyamanan, kecepatan, dan biaya yang terjangkau yang ditawarkannya. Dengan demikian, LRT Palembang membuktikan peran pentingnya dalam meningkatkan konektivitas dan kualitas hidup bagi penduduk kota serta mendukung perkembangan sektor pariwisata lokal.

Baca juga:  Tari Pengantin Palembang: Kebesaran Tradisi Pernikahan di Bumi Sriwijaya

Jadwal LRT Palembang

LRT Palembang beroperasi setiap hari, mulai dari pukul 05.05 WIB hingga pukul 19.55 WIB. Keberangkatan pertama dari Stasiun DJKA adalah pukul 05.05 WIB dan tiba di Stasiun Bandara pada pukul 05.55 WIB. Sementara itu, keberangkatan terakhir dari Stasiun Bandara adalah pukul 19.55 WIB dan tiba di Stasiun DJKA pada pukul 20.43 WIB.

Berikut adalah jadwal rinci LRT Palembang:

StasiunWaktu KeberangkatanWaktu Kedatangan
DJKA05.05 WIB05.55 WIB
19 Ilir05.10 WIB05.60 WIB
Kebun Bunga05.15 WIB05.65 WIB
Ampera05.20 WIB05.70 WIB
Palembang Icon05.25 WIB05.75 WIB
Simpang Polda05.30 WIB05.80 WIB
Jakabaring05.35 WIB05.85 WIB
Bandara SMB II05.40 WIB05.90 WIB

Jarak antar kereta (headway) LRT Palembang adalah 17 menit. Artinya, setiap 17 menit sekali akan ada kereta yang berangkat dari Stasiun DJKA atau Stasiun Bandara.

Harga Tiket LRT Palembang

Harga tiket LRT Palembang saat ini adalah Rp5.000 untuk perjalanan antar stasiun non bandara. Sedangkan untuk perjalanan dari dan ke Bandara SMB II, harga tiketnya adalah Rp10.000.

Baca juga:  Tugu Parameswara: Jejak Sejarah di Jakabaring Palembang

Tiket LRT Palembang dapat dibeli di loket-loket yang tersedia di setiap stasiun. Tiket juga dapat dibeli secara online melalui aplikasi E-Money, seperti OVO, GoPay, dan Dana.

Tips Menggunakan LRT Palembang

Berikut adalah beberapa tips menggunakan LRT Palembang:

  • Pastikan saldo E-Money Anda cukup untuk membayar tiket.
  • Tunjukkan tiket Anda kepada petugas sebelum naik kereta.
  • Jaga ketertiban dan kebersihan di dalam kereta.
  • Jangan lupa untuk turun di stasiun yang Anda tuju.

Keunggulan LRT Palembang

LRT Palembang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan moda transportasi umum lainnya, yaitu:

  • Perjalanan yang nyaman dan cepat.
  • Harga tiket yang terjangkau.
  • Kapasitas yang besar.
  • Ramah lingkungan.

LRT Palembang menjadi salah satu moda transportasi yang penting di Kota Palembang. LRT Palembang membantu masyarakat untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan lebih cepat, nyaman, dan terjangkau.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru