Kambang Iwak Palembang: Taman Kota yang menjadi tempat Olahraga dan Kulineran

Taman Kambang Iwak, yang terletak di pusat kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, memiliki sejarah yang panjang sebagai salah satu taman kota tertua di Indonesia. Dibangun pada tahun 1905 oleh Pemerintah Hindia Belanda, taman ini awalnya digunakan sebagai tempat olahraga bagi orang-orang Belanda. Namun, seiring dengan kemerdekaan Indonesia, Taman Kambang Iwak kemudian dibuka untuk umum dan telah menjadi destinasi wisata favorit di Palembang.

Taman ini memiliki luas sekitar 10 hektar dan dikelilingi oleh pohon-pohon rindang, menciptakan suasana sejuk dan asri bagi pengunjungnya. Daya tarik utama Taman Kambang Iwak adalah danau buatannya yang meliputi sekitar 2 hektar dan dikelilingi oleh taman-taman yang indah. Di tengah danau, terdapat air mancur yang menambah keindahan alam taman ini.

Fasilitas dan Aktivitas Menarik di Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memikat, tetapi juga berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di taman ini meliputi jalur jogging mengelilingi danau, gazebo untuk bersantai, lapangan olahraga, taman bermain anak, dan area kuliner.

Baca juga:  PTC Mall Palembang: Oase Pusat Perbelanjaan di Sumatera Selatan

Taman Kambang Iwak buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 22.00 WIB, memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati suasana taman pada berbagai waktu. Taman ini menjadi tempat yang ideal untuk bersantai, berolahraga, atau sekadar menikmati keindahan alam.

Aktivitas Menarik di Taman Kambang Iwak:

  1. Jogging dan Bersepeda: Jalur jogging mengelilingi danau memberikan pengalaman olahraga yang menyenangkan, sementara area bersepeda juga tersedia bagi yang ingin mengeksplorasi taman dengan sepeda.
  2. Bersantai di Gazebo: Gazebo tersebar di sepanjang taman, menyediakan tempat yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati pemandangan danau dan alam sekitar.
  3. Olahraga di Lapangan: Bagi yang gemar olahraga, lapangan olahraga di Taman Kambang Iwak dapat digunakan untuk berbagai aktivitas fisik.
  4. Taman Bermain Anak: Taman ini ramah keluarga dengan adanya area bermain anak, membuat Taman Kambang Iwak cocok untuk kunjungan bersama keluarga.
  5. Area Kuliner: Tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi taman ini juga menyediakan area kuliner di mana pengunjung dapat menyantap makanan atau minuman setelah beraktivitas.
Baca juga:  5 Tempat Santai di Palembang yang Mudah di Jangkau dan Aman

Wisata Kuliner dan Kegiatan Sosial di Sekitar Taman Kambang Iwak

Tidak hanya menjadi tempat rekreasi, Taman Kambang Iwak juga menjadi pusat kegiatan sosial dan kuliner di Palembang. Pada hari non-weekend, banyak pedagang UKM yang menjajakan produk mereka di sekitar taman. Harga makanan yang terjangkau, mulai dari Rp 1.000 per item, membuat pengalaman kuliner di sekitar taman menjadi lebih menarik.

Selain itu, pada hari Sabtu dan Minggu, suasana taman semakin ramai dengan berbagai jualan makanan dan minuman di sekitarnya. Ini menciptakan pengalaman yang unik di mana pengunjung dapat menikmati kegiatan fisik seperti jogging sambil mengeksplorasi ragam kuliner lokal yang ditawarkan.

Taman Kambang Iwak bukan hanya tempat untuk berolahraga dan bersantai, tetapi juga menjadi destinasi yang menarik untuk wisata kuliner dan kegiatan sosial di Palembang. Dengan suasana yang nyaman dan beragamnya fasilitas yang ditawarkan, Taman Kambang Iwak tetap menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi semua orang yang berada di Palembang.

https://maps.app.goo.gl/AHoBt9gNE4ydFHky5

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru