Ratu Dewa Pj Walikota Palembang, Larang Petasan dan Kembang Api Sambut Tahun Baru 2024

Pj Walikota Palembang, Drs. H. Ratu Dewa, M.Si, telah mengeluarkan larangan terhadap penggunaan petasan dan kembang api dalam perayaan malam tahun baru. Keputusan ini diambil untuk menjaga kerukunan, ketertiban, dan ketenangan masyarakat seiring dengan pendekatan momen perayaan Natal dan tahun baru.

Menurut Pj Walikota, Forkopimda Kota Palembang sepakat untuk tidak mengizinkan penggunaan petasan dan kembang api sebagai bentuk tanggung jawab kolektif terhadap keamanan dan kenyamanan warga. “Forkopimda Kota Palembang sepakat untuk tidak menyalakan petasan dan kembang api saat perayaan malam tahun baru demi menjaga kerukunan dan ketertiban serta ketenangan masyarakat,” kata Ratu Dewa pada Senin, 25 Desember 2023.

Kebijakan ini tidak hanya sebatas pernyataan, melainkan telah diresmikan melalui surat edaran nomor 38 tahun 2023 tentang pelaksanaan Natal dan tahun baru 2024. Ratu Dewa telah menindaklanjuti surat edaran tersebut ke seluruh kecamatan di Palembang, dengan harapan agar informasi ini dapat sampai ke seluruh lapisan masyarakat.

“Saya sudah minta kepada camat di Palembang untuk segera menginformasikan dan mengimbau kepada warga mengenai larangan kembang api dan petasan,” jelasnya.

Baca juga:  Pj Walikota Ratu Dewa Respons Insiden di Dermaga Kampung Kapitan dan Pelabuhan Sungai 7 Ulu

Selain itu, Pj Walikota juga mengajak masyarakat Palembang untuk melakukan introspeksi dan evaluasi diri selama malam pergantian tahun baru, serta mengawali tahun dengan beribadah. Upaya ini diharapkan dapat memunculkan sikap saling penghormatan dan kebersamaan di tengah-tengah masyarakat.

Dalam konteks ini, Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, salah satu tempat populer untuk merayakan malam tahun baru, akan ditutup pada pukul 22.00 WIB. Cherly Panggar Besi, Kabid Ops Satpol PP Kota Palembang, memastikan bahwa di kawasan BKB tidak akan ada perayaan khusus dan pesta kembang api pada malam pergantian tahun.

“Ya benar, tidak ada perayaan khusus di pelataran BKB, pesta kembang api juga ditiadakan. Malam pergantian tahun kawasan BKB akan ditutup pukul 22.00 WIB,” ujarnya.

Untuk menjaga keamanan dan mencegah perkumpulan besar masyarakat di kawasan BKB, Satpol PP akan melakukan pengawasan dengan melibatkan 100 personel pada malam pergantian tahun. Upaya ini sejalan dengan komitmen pemerintah kota untuk menciptakan suasana tahun baru yang aman dan tenteram bagi seluruh warga Palembang.

Baca juga:  Jadwal dan Harga Tiket LRT Palembang

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru