Sejarah Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Salah Satu Stadion Terbesar di Indonesia

Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, yang berlokasi di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, dianggap sebagai salah satu stadion terbesar di Indonesia dengan kapasitas penonton mencapai 40.000 orang.

Awalnya dibangun pada tahun 2001 untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XVI pada tahun 2004, stadion ini pertama kali dikenal dengan nama Stadion Jakabaring. Namun, pada tahun 2008, namanya diubah menjadi Stadion Gelora Sriwijaya sebagai penghormatan terhadap sejarah kejayaan Kerajaan Sriwijaya, yang terinspirasi dari desain stupa Candi Borobudur.

Event Olahraga

Stadion Gelora Sriwijaya Palembang telah menyaksikan berbagai peristiwa olahraga penting di Indonesia, termasuk PON XVI, Piala AFF 2010, dan Asian Games 2018. Desainnya yang unik mencerminkan kebesaran Kerajaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim terbesar di Nusantara.

Tidak hanya menjadi tempat pertandingan olahraga, Stadion Gelora Sriwijaya Palembang juga sering digunakan untuk berbagai acara seperti konser musik, festival budaya, dan kegiatan keagamaan. Fasilitas yang lengkap, termasuk lapangan sepak bola berstandar internasional, tribun penonton, ruang ganti pemain, ruang konferensi pers, dan berbagai fasilitas pendukung lainnya, membuat stadion ini menjadi destinasi wisata favorit di Palembang.

Baca juga:  Suku di Palembang dan Sumatera Selatan: Ragam Budaya yang Memperkaya

Jakabaring Sport City (JSC) merupakan kompleks olahraga terbesar di Indonesia yang terletak di Palembang, Sumatera Selatan. JSC dibangun pada tahun 2001 untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XVI yang diselenggarakan di Palembang pada tahun 2004. JSC juga menjadi salah satu venue penyelenggaraan Asian Games 2018.

JSC memiliki berbagai macam venue olahraga yang lengkap, mulai dari stadion sepak bola, arena akuatik, arena atletik, hingga lapangan olahraga lainnya.

Berikut adalah beberapa venue olahraga yang ada di Jakabaring Sport City:

  • Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion Gelora Sriwijaya merupakan stadion sepak bola terbesar di Sumatera Selatan dengan kapasitas penonton mencapai 40.000 orang. Stadion ini telah menjadi saksi berbagai peristiwa penting di dunia olahraga Indonesia, seperti PON XVI, Piala AFF 2010, dan Asian Games 2018.

  • Arena Akuatik Jakabaring

Arena Akuatik Jakabaring merupakan arena akuatik yang memiliki kolam renang standar internasional. Arena ini menjadi tempat penyelenggaraan berbagai pertandingan olahraga air, seperti renang, loncat indah, dan polo air.

  • Stadion Atletik Jakabaring
Baca juga:  Melihat Jejak Sejarah di Kampung Kapitan Palembang

Stadion Atletik Jakabaring merupakan stadion atletik yang memiliki lintasan atletik standar internasional. Stadion ini menjadi tempat penyelenggaraan berbagai pertandingan olahraga atletik, seperti lari, lompat, dan lempar.

  • GOR Ranau Jakabaring

GOR Ranau merupakan gedung olahraga yang memiliki berbagai fasilitas olahraga, seperti lapangan bulu tangkis, lapangan tenis, dan lapangan basket. GOR ini menjadi tempat penyelenggaraan berbagai pertandingan olahraga indoor.

  • GOR Dempo Jakabaring

GOR Dempo merupakan gedung olahraga yang memiliki berbagai fasilitas olahraga, seperti lapangan senam, lapangan bola voli, dan lapangan futsal. GOR ini menjadi tempat penyelenggaraan berbagai pertandingan olahraga indoor.

Selain venue-venue tersebut, JSC juga memiliki berbagai fasilitas olahraga lainnya, seperti lapangan sepak bola mini, lapangan basket mini, dan lapangan voli mini. JSC juga memiliki wisma atlet yang dapat menampung hingga 5.000 atlet.

JSC telah menjadi salah satu destinasi wisata olahraga favorit di Indonesia. JSC tidak hanya menjadi tempat penyelenggaraan berbagai pertandingan olahraga, tetapi juga menjadi tempat rekreasi dan olahraga bagi masyarakat umum.

Baca juga:  Bukit Siguntang Palembang, Sejarah Kerajaan Sriwijaya

Fasilitas Stadion Gelora Sriwijaya Palembang

Stadion Gelora Sriwijaya Palembang memiliki berbagai fasilitas yang lengkap, antara lain:

  • Lapangan sepak bola berstandar internasional
  • Tribun penonton berkapasitas 40.000 orang
  • Ruang ganti pemain
  • Ruang konferensi pers
  • Ruang media
  • Fasilitas pendukung lainnya, seperti toilet, mushola, dan kantin

Dengan segala keunggulan dan kemegahan fasilitasnya, Stadion Gelora Sriwijaya Palembang bukan hanya sekadar tempat pertandingan, melainkan juga menjadi simbol kebanggaan masyarakat Palembang. Stadion ini menjadi representasi kejayaan dalam olahraga dan budaya, menjadikannya sebagai aset berharga Sumatera Selatan.

Lokasi: https://maps.app.goo.gl/hJtU7tjJ33GStGRcA

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru