Sejarah Universitas Muhammadiyah Palembang (UM Palembang)

Universitas Muhammadiyah Palembang (UM Palembang) adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi yang terkemuka di Sumatera Selatan, Indonesia. Sejak berdirinya, UM Palembang telah menjalani perjalanan panjang yang sarat makna, mengukir sejarah dalam pengembangan pendidikan dan pembangunan intelektual masyarakat. Artikel ini akan membahas sejarah, perkembangan, dan peran penting Universitas Muhammadiyah Palembang dalam konteks pendidikan tinggi di wilayahnya.

Pendirian dan Awal Perkembangan (1965-1980)

UM Palembang berawal dari gagasan dan semangat Muhammadiyah, organisasi Islam terbesar kedua di Indonesia, yang telah lama berkecimpung dalam bidang pendidikan dan sosial. Pada tahun 1965, UM Palembang didirikan sebagai upaya Muhammadiyah dalam memperluas jaringan pendidikan tinggi di Sumatera Selatan. Pada masa ini, pendirian UM Palembang terkait erat dengan peran tokoh-tokoh Muhammadiyah setempat yang memiliki visi untuk meningkatkan akses pendidikan bagi masyarakat.

Proses awal pendirian UM Palembang melibatkan mobilisasi sumber daya dan dukungan komunitas, termasuk para donatur dan aktivis Muhammadiyah. Pada tahun-tahun pertama, kampus ini berfokus pada program sarjana dalam bidang-bidang ilmu yang dianggap relevan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan daerah.

Baca juga:  Resep: Bolu Kojo Khas Palembang, Lezatnya Aroma Pandan dalam Setiap Gigitan

Perkembangan dan Diversifikasi Program Studi (1980-2000)

Pada periode ini, UM Palembang mengalami pertumbuhan pesat dengan diversifikasi program studi yang ditawarkan. Dalam upayanya untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan pasar kerja yang terus berkembang, UM Palembang memperluas cakupan program studi di berbagai bidang, termasuk ilmu sosial, teknik, kedokteran, dan ekonomi. Dengan menyesuaikan diri terhadap perubahan zaman, UM Palembang berhasil membangun fondasi yang kuat sebagai lembaga pendidikan yang komprehensif.

Pada periode ini, fasilitas kampus diperluas dan ditingkatkan untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar dan penelitian. Perpustakaan kampus diperkaya dengan koleksi yang lebih luas, laboratorium diperbarui dengan teknologi terkini, dan pusat-pusat studi didirikan untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian.

Pencapaian dan Prestasi (2000-sekarang)

Pada abad ke-21, UM Palembang terus memperkuat posisinya sebagai salah satu universitas terkemuka di Sumatera Selatan. Keterlibatan aktif dalam penelitian dan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, industri, dan masyarakat, menjadi landasan bagi pencapaian dan prestasinya. Beberapa fakultas di UM Palembang telah meraih akreditasi nasional dan internasional, mencerminkan komitmen mereka terhadap standar kualitas yang tinggi.

Baca juga:  Biaya Kuliah di Universitas PGRI Palembang, Pendidikan Berkualitas

Selain itu, UM Palembang turut ambil bagian dalam program-program pengabdian kepada masyarakat, memberikan dampak positif pada pembangunan sosial dan ekonomi di sekitarnya. Inisiatif-inisiatif ini menggambarkan peran universitas sebagai agen perubahan yang berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.

Identitas dan Nilai-Nilai Universitas

UM Palembang tidak hanya dikenal karena pencapaian akademisnya, tetapi juga karena mengusung nilai-nilai keislaman dan ke-Muhammadiyahan dalam setiap aspek kegiatan kampusnya. Pendidikan di UM Palembang tidak hanya berfokus pada pengembangan kecerdasan akademis, tetapi juga pada pembentukan karakter dan moral mahasiswa. Dengan prinsip-prinsip ini, UM Palembang berkomitmen untuk mencetak lulusan yang bukan hanya berpengetahuan luas tetapi juga memiliki kepekaan sosial dan integritas.

Visi dan Misi Ke Depan

Sebagai universitas yang terus berkembang, UM Palembang memiliki visi dan misi untuk terus menjadi pusat pendidikan unggul yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional. Melalui inovasi dalam pendekatan pembelajaran, penelitian yang relevan, dan keterlibatan aktif dalam pengembangan masyarakat, UM Palembang bertekad untuk memberikan kontribusi yang signifikan pada perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan sosial.

Baca juga:  Al-Qur'an Al-Akbar Palembang, Menjadi Wisata Halal Paling Populer

Fakultas dan Program Studi UM Palembang

Universitas Muhammadiyah Palembang (UM Palembang) memiliki 10 fakultas dengan 81 program studi.

FakultasProgram Studi
Fakultas Agama IslamPendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Madrasah Tsanawiyah, Pendidikan Guru Madrasah Aliyah, Hukum Ekonomi Syariah, Akuntansi Syariah, Manajemen Syariah, Perbankan Syariah, Ekonomi Islam, Bimbingan dan Konseling Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, dan Pengembangan Masyarakat Islam
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikIlmu Politik, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, dan Hubungan Internasional
Fakultas EkonomiEkonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi
Fakultas TeknikTeknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Informatika, dan Teknik Arsitektur
Fakultas PertanianAgroteknologi, Agribisnis, dan Teknologi Pangan
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamMatematika, Fisika, Kimia, dan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanPendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Fakultas PsikologiPsikologi

UM Palembang memiliki reputasi akademik yang baik, dengan banyak dosen yang berprestasi di bidangnya masing-masing. UM Palembang juga memiliki berbagai fasilitas yang mendukung kegiatan pendidikan dan penelitian, seperti perpustakaan, laboratorium, dan pusat studi.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru