Taman Rusa PUSRI Palembang: Oasis Hijau di Komplek PT PUSRI

Taman Rusa PUSRI Palembang, yang terletak di komplek PT PUSRI, menjadi sebuah destinasi menarik bagi para pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan alam dan kehadiran hewan rusa. Dikelola oleh PT PUSRI, taman ini menawarkan pengalaman unik dengan adanya berbagai jenis rusa yang dapat dilihat dan, dalam beberapa kasus, diinteraksi langsung.

Salah satu daya tarik utama taman ini adalah keberadaan dua spesies rusa, yaitu Rusa Tutul. Pengunjung memiliki kesempatan untuk langsung berinteraksi dengan hewan bertanduk ini, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan. Namun, perlu diperhatikan bahwa interaksi dengan jenis rusa bertanduk perlu dilakukan dengan hati-hati karena adanya peringatan akan bahaya tanduknya.

Rusa-rusa yang menarik ini sengaja dipelihara oleh pihak PT PUSRI, dan taman penangkaran rusa ini hanya memerlukan pembayaran tiket masuk dan parkir. Meskipun pengunjung saat ini hanya dapat melihat dan memberi makan rusa, harapannya adalah agar fasilitas ini dapat ditingkatkan menjadi sebuah tempat wisata yang lebih lengkap dan menarik.

Beberapa pengunjung menyarankan agar taman ini diperbaiki lebih lanjut untuk meningkatkan kenyamanan dan daya tariknya. Saran termasuk peningkatan kebersihan area rusa dan kemungkinan penambahan fasilitas seperti tempat duduk dan taman bermain di sekitarnya. Dengan demikian, Taman Rusa PUSRI dapat menjadi alternatif wisata menarik bagi warga Palembang dan sekitarnya, terutama karena keberadaan ruang terbuka hijau yang masih jarang dijumpai di sekitar Palembang.

Baca juga:  Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Wisata Edukasi Di Bumi Sriwijaya Palembang

Meskipun taman ini disebut sebagai taman penangkaran rusa, tetapi keberadaannya memberikan nuansa hijau yang cukup menyegarkan di daerah PUSRI. Pengunjung yang datang dari kompleks PUSRI mungkin tidak menyadari keberadaannya, sehingga diusulkan agar akses lebih mudah untuk memaksimalkan pengalaman melihat rusa.

Suasana Taman Rusa PUSRI Palembang (googlemap)

Beberapa pengunjung juga memberikan pengalaman pribadi mereka, seperti membawa makanan rusa sendiri, seperti kangkung atau bayam, meskipun ada peringatan untuk tidak memberi makan rusa. Meskipun demikian, kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesejahteraan rusa terlihat terwujud dengan baik di taman ini.

Taman Rusa PUSRI Palembang bukan hanya menjadi tempat penangkaran, tetapi juga menjadi ruang edukasi yang ramai dikunjungi, terutama oleh keluarga dengan anak-anak. Keberadaannya memberikan kontribusi positif terhadap pengetahuan masyarakat mengenai hewan rusa, yang biasanya hanya dikenal melalui mainan anak-anak. Antusiasme, terutama pada sore hari dan hari libur, mencerminkan bahwa taman ini telah menjadi bagian penting dari kehidupan komunitas setempat. Semoga, dengan perbaikan dan pengembangan yang tepat, Taman Rusa PUSRI Palembang dapat terus berkembang menjadi destinasi wisata yang lebih menarik dan edukatif bagi semua pengunjung.

Baca juga:  Peresmian Pojok Statistik: Kolaborasi Produktif Universitas Bina Darma dan BPS Kota Palembang
LIHATALAMAT

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru