Tugu Parameswara: Jejak Sejarah di Jakabaring Palembang

Palembang, kota yang memancarkan sejarah kuno dan kebesaran, menyimpan sebuah monumen yang memikat perhatian setiap pengunjung Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City – Tugu Parameswara. Bentuknya yang unik memunculkan pertanyaan, “Apa makna dari Tugu ini, dan dari mana asal-usul nama Parameswara?”

Ternyata, nama Parameswara tak lepas dari seorang Pangeran dan Panglima perang Kerajaan Sriwijaya yang tegas menolak tunduk kepada Kerajaan Majapahit. Perang melibatkan kedua kerajaan itu setelah kekuatan Sriwijaya merosot pada Abad ke-14.

Dalam perang sengit, Parameswara dan Sang Nila Utama meninggalkan Palembang menuju Tumasik (Singapura). Banyak pengikut Parameswara yang ikut hijrah ke Singapura, namun ancaman Majapahit masih mengintai. Maka, Parameswara memutuskan bermukim di Malaka, semenanjung Malaysia, dan mendirikan Kerajaan Malaka. Keturunan Parameswara bahkan meluaskan wilayah ke Pattani dan Narathiwat.

Hijrahnya banyak pengikut Parameswara ke Singapura dan Malaysia, terutama dari Palembang, memunculkan kesamaan bahasa Melayu Malaysia dengan beberapa wilayah di Sumatera Selatan. Parameswara sendiri memeluk Islam dan berganti nama menjadi Sultan Iskandar Syah.

Baca juga:  Brengkes Patin: Kelezatan Kuliner Khas Palembang

Tugu Parameswara, berdiri megah di Jakabaring, bukan hanya sekadar monumen bersejarah. Ide pembangunannya merepresentasikan Palembang sebagai simbol pemersatu rumpun Melayu di Nusantara. Keyakinan bahwa “Semua wong Melayu di Nusantara, terutama di Malaysia, Singapura, Thailand Selatan, dan Brunei, berasal dari Palembang” membentuk dasar pembangunan Tugu Parameswara. Parameswara, sang raja Melayu pertama, yang turun dari bukit Siguntang, Palembang.

Tugu ini didesain menyerupai pelepah daun pisang, dipilih karena pisang menjadi bagian tak terpisahkan di sebagian besar wilayah Sumatera, baik di pesisir maupun di pegunungan.

Dengan megahnya Tugu Parameswara, Palembang tak hanya menjadi tuan rumah bagi sejarah Parameswara, tetapi juga melambangkan kekuatan dan persatuan rumpun Melayu di seluruh Nusantara.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru