Yamaha Menatap Perubahan Setelah Tahun yang Sulit di MotoGP 2023

Tahun 2023 bukanlah periode yang menyenangkan bagi Yamaha dalam ajang MotoGP. Tim ini mengalami “musim terburuk” dalam sejarahnya, dengan posisi kedua terakhir di klasemen konstruktor. Massimo Meregalli, pimpinan tim, menggambarkan tantangan besar yang dihadapi Yamaha dan upaya keras untuk mempertahankan Fabio Quartararo.

Meregalli menyebut musim tersebut sebagai “tidak terlupakan” secara ironis, namun dengan harapan baru yang muncul di musim 2024. Yamaha berkomitmen untuk melakukan perubahan signifikan guna memulihkan posisinya sebagai tim yang kompetitif. Meskipun demikian, mereka dihadapkan pada tantangan besar dalam upaya mempertahankan Quartararo, yang dengan tegas menyatakan niatnya untuk meninggalkan tim jika performa motor tidak membaik.

Kepala tim, Maio Meregalli, mengakui bahwa Yamaha harus menghadapi kenyataan bahwa keterbatasan mereka tidak dapat lagi disembunyikan. Meskipun berhasil meraih gelar dunia pada 2021, Yamaha tidak mampu meraih satu kemenangan pun pada 2023. Meregalli menekankan peran kunci Quartararo dalam meraih kesuksesan tim.

Meskipun sedang mengalami krisis, Quartararo tetap menjadi andalan, meski harus menghadapi tantangan pengelolaan emosi yang tidak selalu stabil. Yamaha pun berusaha keras untuk menemukan solusi guna meningkatkan performa motor dan meyakinkan Quartararo agar tetap setia pada tim.

Baca juga:  Apa sih Team Orders?, Istilah yang sering digunakan Balap MotoGP

Pada sisi lain, Yamaha akan menyambut kedatangan Álex Rins pada tahun berikutnya. Rins membawa pengalaman berharga dan pandangan positif terhadap motor Yamaha, memberikan harapan baru bagi tim. Meskipun dihadapkan pada tantangan besar, Yamaha bertekad untuk mempertahankan Quartararo dan menjalin kerjasama dengan Rins dalam upaya perubahan.

Selain itu, Yamaha merencanakan pembentukan tim satelit pada tahun 2025. Dalam upaya untuk memperkuat pengembangan motor M1, Yamaha ingin berkolaborasi dengan tim satelit, dengan VR46 menjadi pilihan utama berdasarkan hubungan baik antara Valentino Rossi dan Yamaha.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru