Haaland, Messi, dan Mbappe Bersaing jadi Pemenang Pemain Terbaik FIFA 2023

Penyerang Manchester City, Erling Haaland, menjadi favorit dalam perburuan penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2023. Ia akan bersaing dengan Lionel Messi (Inter Miami) dan Kylian Mbappe (PSG) dalam gelaran prestisius ini. Tiga nama tersebut telah dipastikan sebagai finalis pada akhir tahun lalu, dan pemenangnya akan diumumkan dalam gala Penghargaan Sepak Bola FIFA Terbaik di London pada Senin, 15 Januari 2024.

Haaland, Messi, dan Mbappe sebelumnya juga menjadi finalis dalam pemungutan suara Ballon d’Or tahun lalu, yang dimenangi oleh Messi. Meskipun demikian, Haaland, setelah menempati posisi kedua dalam Ballon d’Or, memiliki peluang besar untuk unggul dalam penghargaan Pemain Pria Terbaik FIFA.

Meskipun Ballon d’Or tahun ini memperhitungkan periode kemenangan Messi di Piala Dunia 2022 bersama Argentina, FIFA menyatakan bahwa penghargaan Pemain Pria Terbaik 2023 didasarkan pada penampilan antara 19 Desember 2022 hingga sehari setelah final Piala Dunia dan 20 Agustus 2023.

Prestasi utama Messi dalam membawa Argentina meraih gelar di Qatar menjadi faktor dalam penghargaan Pemain Pria Terbaik 2022. Namun, Haaland, dengan kontribusinya yang brilian saat City meraih treble pada 2023, tampil sebagai pesaing serius dengan 28 gol dalam 33 pertandingan.

Baca juga:  Mbappe Belum Tentu Bertahan di PSG: Kontrak Masih 6 Bulan, Real Madrid Menanti

Dalam pemungutan suara Pemain Pria Terbaik, Messi diperkirakan akan menempati posisi kedua, diikuti oleh Mbappe. Striker Paris Saint-Germain itu, setelah memenangi Sepatu Emas Piala Dunia, menjadi pesaing serius untuk penghargaan FIFA 2022.

Proses seleksi pemain terbaik melibatkan daftar 12 pemain awal yang diumumkan pada September lalu. Panel ahli FIFA memilih mereka, dan pemenangnya akan diputuskan oleh kapten tim nasional, pelatih tim nasional, perwakilan media, dan fan terdaftar di FIFA.com. Pemungutan suara dari keempat kelompok ini akan memiliki bobot yang sama, masing-masing bernilai 25 persen dari total perhitungan. Proses pemilihan dimulai pada 14 September dan ditutup pada 6 Oktober.

Dengan persaingan ketat di antara Haaland, Messi, dan Mbappe, gala Penghargaan Sepak Bola FIFA Terbaik di London akan menjadi acara yang penuh ketegangan pada Senin, 15 Januari 2024.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru