Jersey Bersejarah Lionel Messi Pecahkan Rekor Terjual Seharga 120 Miliar dalam Lelang

Dalam sebuah acara lelang yang digelar di New York pada Kamis (14/12/2023), jersey yang pernah dikenakan oleh Lionel Messi selama Piala Dunia 2022 terjual dengan harga fantastis, mencapai 7,8 juta dolar AS atau setara dengan Rp 120,7 miliar. Penjualan ini mencatatkan diri sebagai rekor baru untuk memorabilia olahraga terkait pemain dan menjadi salah satu momen paling berharga dalam dunia lelang tahun ini.

Rumah lelang Sotheby’s, yang menjadi penyelenggara acara, menyatakan bahwa harga tersebut termasuk untuk satu set kaus yang terkait dengan kejayaan Argentina di Piala Dunia. Koleksi ini tidak hanya melibatkan jersey yang dikenakan Messi pada babak pertama pertandingan final melawan Prancis di Qatar, tetapi juga mencakup elemen-elemen lain yang menjadi bagian dari momen bersejarah tersebut.

Brahm Wachter, Kepala Koleksi Modern Sotheby’s, mengungkapkan bahwa jersey-jersey bersejarah tersebut tidak hanya menjadi pengingat visual dari salah satu momen paling penting dalam sejarah olahraga, tetapi juga memiliki nilai signifikan karena terkait dengan puncak prestasi dari pemain sepak bola terkemuka sepanjang masa.

Baca juga:  Xavi Hernandez Terancam Dipecat sebagai Pelatih Barcelona Akibat Hasil Buruk

Sebagai perbandingan, jersey Michael Jordan yang dikenakan dalam pertandingan pembuka Final NBA 1998 masih memegang rekor sebagai barang memorabilia olahraga yang dijual dengan harga tertinggi. Pada tahun lalu, jersey tersebut terjual seharga 10,1 juta dolar AS (sekitar Rp 156 miliar), menunjukkan daya tarik dan nilai historis yang dimiliki oleh barang-barang yang terkait dengan momen-momen penting dalam dunia olahraga.

Prestasi Lionel Messi yang luar biasa dalam Piala Dunia 2022, terutama saat menghadapi Prancis dalam pertandingan final, telah menciptakan sejarah yang tak terlupakan. Jersey yang ia kenakan menjadi saksi bisu dari momen tersebut, dan penjualannya di lelang tidak hanya menjadi transaksi biasa, tetapi juga menjadi peristiwa yang mencatatkan diri dalam dunia olahraga dan lelang internasional.

Berkomentar mengenai keberhasilan lelang ini, Brahm Wachter menekankan bahwa nilai dari barang-barang semacam ini bukan hanya terletak pada materi fisiknya, melainkan pada keterkaitannya dengan pencapaian dan prestasi luar biasa dari atlet tersebut. Melalui jersey yang dikenakan oleh Lionel Messi, para kolektor dan pecinta olahraga dapat memiliki bagian dari sejarah sepak bola yang akan diingat selamanya.

Baca juga:  Haaland, Messi, dan Mbappe Bersaing jadi Pemenang Pemain Terbaik FIFA 2023

Penjualan dengan harga fantastis ini juga menjadi cermin dari antusiasme global terhadap dunia olahraga dan ketertarikan yang tak terbatas terhadap benda-benda yang memiliki nilai sejarah. Setiap detil pada jersey tersebut membawa cerita tersendiri, menceritakan perjalanan panjang menuju keberhasilan dan kemenangan Argentina di kancah sepak bola dunia.

Dengan adanya lelang memorabilia olahraga semacam ini, terbuka kesempatan bagi para kolektor dan pecinta olahraga untuk memiliki potongan kecil dari kisah besar atlet-atlet dunia. Kesuksesan lelang jersey Lionel Messi menambah catatan baru dalam sejarah lelang internasional, menciptakan momentum yang tak terlupakan bagi penggemar olahraga dan dunia seni lelang.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru