Menuju Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Bawa 26 Pemain Timnas Indonesia

Doha, Qatar – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah memberikan gambaran mendalam mengenai 26 pemain yang akan menjadi andalan Garuda di Piala Asia 2023. Dalam keterangan resminya, Shin Tae-yong menegaskan bahwa Arkhan Fikri dan Adam Alis Setyano tetap menjadi bagian penting dari skuad yang akan berlaga di Qatar. Pemilihan 26 pemain ini akan diumumkan secara resmi pada tanggal 10 Januari mendatang.

Saat ini, tim nasional Indonesia tengah menjalani pemusatan latihan di Antalya, Turki, dengan kekuatan 28 pemain sejak 23 Desember 2023. Shin Tae-yong memimpin mereka dalam uji coba melawan Libya pada Selasa (2/1), sebagai bagian dari persiapan matang menuju Piala Asia.

“Meskipun AFC sudah merilis 26 pemain, kami membawa 28 pemain ke Doha,” ungkap Shin Tae-yong, menyoroti fleksibilitas dalam memilih pemain yang sesuai dengan kebutuhan tim. Peluang bagi Arkhan Fikri dan Adam Alis untuk tampil di Piala Asia 2023 masih terbuka, dengan Shin Tae-yong menjelaskan bahwa daftar pemain bisa diubah hingga enam jam sebelum pertandingan dimulai, selama pemain tersebut terdaftar dengan benar.

Baca juga:  Timnas Indonesia Melaju ke Babak 16 Piala Asia 2023, Garuda Bersiap Hadapi Australia

Daftar 26 Pemain Timnas Indonesia

PosisiPemainKlub/FC
KiperSyahrul TrisnaPersikabo
Muhamad RiyandiPersis Solo
Ernando AriPersebaya Surabaya
BelakangJustin HubnerWolverhampton
M Edo FebriansahPersib Bandung
Wahyu PrasetyoPSIS Semarang
Rizky RidhoPersija Jakarta
Jordi AmatJohor Darul Tazim FC
Elkan BaggottIpswich Town
Sandy WalshKV Mechelen
Shayne PattynamaViking FK
Asnawi MangkualamJeonnam Dragons
Pratama ArhanTokyo Verdy
TengahSaddil RamdaniSabah FC
Marc KlokPersib Bandung
Ricky KambuayaDewa United
Witan SulaemanPersija Jakarta
Egy MaulanaDewa United
Yakob SayuriPSM Makassar
Marselino FerdinanKMSK Deinze
Ivar JennerJong Utrecht
DepanHokky CarakaPSS Sleman
Ramadhan SanantaPersis Solo
Dendy SulistyawanBhayangkara Presisi FC
Dimas DrajadPersikabo
Rafael StruickADO Den Haag

Menariknya, aturan partisipasi tim dalam Piala Asia 2023 mengalami perubahan signifikan. Awalnya, setiap tim hanya diizinkan mendaftarkan 23 pemain, namun AFC memutuskan untuk menaikkan kuota menjadi 26 pemain setelah Piala Dunia 2022 di Qatar. Perubahan ini tercermin dalam pasal 26 poin 6 regulasi kompetisi AFC.

Baca juga:  Shin Tae-yong Apresiasi Kerja Keras Pemain Indonesia Meski Kalah dari Iran

Pertandingan uji coba terakhir Timnas Indonesia melawan Libya pada 5 Januari menjadi laga penentu sebelum mereka berkemas menuju Qatar. Agenda terakhir sebelum Piala Asia adalah menghadapi Iran pada 9 Januari. Turnamen Piala Asia 2023 akan berlangsung mulai 12 Januari hingga 10 Februari.

Timnas Indonesia, yang tergabung dalam Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam, akan mengawali perjuangan mereka dengan menghadapi Irak pada 15 Januari. Laga selanjutnya akan melibatkan Vietnam pada 19 Januari, dan terakhir, mereka akan bersua Jepang pada 24 Januari.

Artikel ini mengungkapkan detail persiapan intens Timnas Indonesia menuju Piala Asia 2023, menyoroti keputusan pelatih, perubahan regulasi AFC, dan jadwal uji coba yang krusial. Ke depan, harapan dan ekspektasi publik Indonesia tertuju pada penampilan gemilang Garuda di kancah sepak bola Asia.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru