Kawasaki Ninja ZX-4RR telah menarik perhatian para pecinta biker di Indonesia, tidak hanya karena kemampuan mesin yang diakui, tetapi juga karena reputasi unggul yang dimiliki oleh merek Kawasaki di Indonesia. Diluncurkan pada tahun 2023, Kawasaki Ninja ZX-4RR memperkuat dominasi Kawasaki dalam kategori motor supersport 400cc. Motor ini menjadi model tertinggi dalam keluarga Ninja ZX-4R dan dibekali dengan mesin inline-4 yang menghasilkan tenaga luar biasa hingga 76 hp. Desainnya yang agresif dan sporty, dengan lampu depan LED kembar yang tajam dan fairing aerodinamis yang ramping, mencerminkan karakteristik estetika Kawasaki yang mengesankan.
Selain keunggulan mesinnya, Ninja ZX-4RR dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, termasuk kontrol traksi yang membantu pengendara mengatasi permukaan jalan yang licin, mode berkendara yang dapat disesuaikan, dan quick shifter untuk pengalaman berkendara yang lebih dinamis. Dari sisi performa, Ninja ZX-4RR dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,1 detik, menunjukkan kecepatan dan responsivitas yang luar biasa. Top speed sepeda motor ini juga mencapai 260 km/jam, menjadikannya pilihan yang menarik bagi mereka yang mencari kecanggihan teknologi dan performa tinggi dalam satu paket.
Tentu saja, harga Ninja ZX-4RR menjadi faktor penentu dalam daya tariknya. Dengan spesifikasi dan fitur unggulan yang ditawarkan, harga tentu saja menjadi bagian penting lainnya. Bagi para penggemar motor di Indonesia yang mencari kombinasi antara keandalan, kecepatan, dan desain yang memukau tentu saja Kawasaki Ninja ZX-4RR menjadi referensinya.
Namun sebelum itu, mari kita pelajari apa saja Spesifikasi, Fitur dan Harganya.
Spesifikasi NINJA ZX-4RR
Teknologi
KTRC (Kawasaki Traction Control)
KTRC, sistem kontrol traksi maju dari Kawasaki, meningkatkan kinerja berkendara sport dan memberikan kepercayaan diri saat menghadapi permukaan licin. Pengendara dapat memilih berbagai mode (jumlahnya bervariasi tergantung pada jenis motor) sesuai dengan preferensi dan tingkat gangguan yang dihadapi.
Mode tertentu dirancang untuk mengurangi gangguan saat menjaga traksi optimal dalam tikungan. Dirancang khusus untuk berkendara sport, mode ini mempermudah akselerasi keluar dari tikungan dengan memanfaatkan roda belakang sebagai penggerak utama. Keunggulan perangkat lunak ini terletak pada analisisnya yang berbasis pada chasis yang mengikuti permukaan lintasan (bukan hanya bidang horizontal), memperhitungkan sudut camber, gradien, dan faktor lainnya, serta dapat menyesuaikan diri dengan kondisi tertentu.
Pada mode gangguan lainnya (tersedia untuk beberapa jenis motor dengan mode yang sesuai), ketika putaran roda yang berlebihan terdeteksi, output mesin dikurangi untuk mengembalikan cengkeraman, memungkinkan Pengendara untuk mengatasi hambatan kecil seperti tambalan atau rintangan di jalanan, seperti rel kereta atau penutup lubang got. Ini juga memungkinkan Pengendara mengatasi kondisi jalan yang tidak nyaman, seperti trotoar basah, jalanan berbatu, dan jalanan berkerikil. Model yang dilengkapi dengan IMU mengintegrasikan umpan balik orientasi chasis untuk manajemen yang lebih akurat.
Assist & Slipper Clutch
Mengacu pada umpan balik dari kegiatan balap, Assist & Slipper Clutch menggunakan dua jenis Cams, yaitu assist cam dan slipper cam, untuk menggerakkan hub kopling dan plat operasi secara bersamaan atau terpisah.
Ketika dalam kondisi normal, assist cam berfungsi sebagai mekanisme self-servo dengan menarik hub kopling dan menggerakkan pelat bersamaan untuk mengompresi pelat kopling. Dampaknya adalah mengurangi total beban pegas kopling, sehingga tuas kopling terasa lebih ringan saat mengoperasikannya.
Pada saat terjadi pengereman mesin yang berlebihan, slipper cam turut berperan sebagai respons terhadap penurunan gigi yang cepat (atau penurunan gigi yang tidak disengaja), memaksa hub kopling dan plat beroperasi terpisah. Ini mengurangi tekanan pada pelat kopling untuk mengurangi torsi-belakang dan membantu mencegah meloncatnya ban belakang serta tergelincir. Fitur balap ini sangat bermanfaat saat berkendara sport atau di lintasan balap.
Economical Riding Indicator
Motor Kawasaki dapat mencapai efisiensi bahan bakar melalui penggunaan kontrol elektronik pengelolaan mesin dengan tingkat ketepatan tinggi. Namun, konsumsi bahan bakar juga sangat tergantung pada faktor-faktor seperti penggunaan throttle, pemilihan gigi, dan elemen lainnya yang berada di bawah kendali Pengendara. Untuk membantu memonitor kondisi konsumsi bahan bakar yang rendah, terdapat Economical Riding Indicator.
Fungsinya adalah untuk memberikan indikasi tentang kondisi konsumsi bahan bakar yang rendah. Sistem ini terus memantau konsumsi bahan bakar, tidak peduli pada kecepatan kendaraan, kecepatan mesin, posisi throttle, atau kondisi berkendara lainnya. Ketika terdeteksi bahwa konsumsi bahan bakar rendah pada suatu kecepatan tertentu dan efisiensi bahan bakar tinggi, tanda “ECO” akan muncul di layar panel instrumen LCD. Jika Pengendara dapat menjaga agar tanda “ECO” tetap menyala, maka konsumsi bahan bakar dapat dikurangi.
Meskipun kecepatan kendaraan dan kecepatan mesin dapat bervariasi antar tipe, memahami kondisi yang menyebabkan tanda “ECO” muncul dapat membantu Pengendara meningkatkan efisiensi bahan bakar, terutama dalam perjalanan jauh. Selain manfaat praktis ini, menjaga konsumsi bahan bakar yang rendah juga berkontribusi pada upaya untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.
Electronic Throttle Valves
Sistem aktuasi throttle elektronik dari Kawasaki memungkinkan Electronic Control Unit (ECU) untuk mengatur jumlah bahan bakar yang disuplai ke mesin melalui injektor bahan bakar, sekaligus mengontrol aliran udara melalui katup throttle. Dengan mengoptimalkan injeksi bahan bakar dan posisi katup throttle, sistem ini menciptakan respons mesin yang halus dan keluaran daya yang optimal. Tidak hanya itu, kontribusi yang signifikan dari sistem ini juga terlihat dalam upaya mengurangi emisi.
Penggunaan katup throttle elektronik tidak hanya berdampak pada respons mesin yang lebih presisi, tetapi juga memungkinkan kontrol yang lebih akurat terhadap sistem manajemen mesin elektronik seperti S-KTRC dan KTRC. Selain itu, fitur-fitur canggih seperti Kawasaki Launch Control Mode (KLCM), Kawasaki Engine Brake Control, dan Electronic Cruise Control dapat diimplementasikan dengan lebih efektif berkat teknologi katup throttle elektronik ini. Dengan demikian, teknologi ini tidak hanya meningkatkan performa kendaraan, tetapi juga membantu mengoptimalkan berbagai fitur elektronik untuk pengalaman berkendara yang lebih baik.
KQS (Kawasaki Quick Shifter)
Didesain untuk membantu pengendara mengoptimalkan akselerasi mereka di lintasan dengan peningkatan gigi tanpa menggunakan kopling, Kawasaki Quick Shifter (KQS) beroperasi dengan throttle terbuka penuh. Saat tuas shift dideteksi telah bergerak, KQS mengirimkan sinyal ke Electronic Control Unit (ECU) untuk memutus kunci kontak, memungkinkan aktivasi gigi roda berikutnya tanpa memerlukan penggunaan kopling.
Pada model yang menyediakan opsi penurunan gigi tanpa menggunakan kopling, sistem secara otomatis mengontrol kecepatan mesin selama proses perlambatan. Ini memastikan bahwa penurunan gigi berikutnya dapat dilakukan tanpa memerlukan tindakan manual pada kopling, meningkatkan efisiensi dan responsivitas kendaraan dalam situasi lintasan yang dinamis.
Power Modes
Model-model Kawasaki tertentu yang dilengkapi dengan berbagai Power Modes menyajikan opsi pengiriman daya mesin yang dapat diatur sesuai kebutuhan atau preferensi berkendara. Selain mode Penuh Daya (Full Power Mode), pengendara juga dapat memilih mode Satu (Low) atau Dua (Medium-Low), di mana daya maksimum dibatasi dan respons throttle menjadi lebih ringan.
Dengan kemampuan ini, kendaraan dapat dengan mudah disesuaikan dengan kondisi berkendara atau preferensi pengendara, menawarkan pengalaman berkendara yang lebih fleksibel dan sesuai dengan keinginan individu.
Smartphone Connectivity
Teknologi mutakhir ini memungkinkan Pengendara untuk terhubung secara nirkabel dengan sepeda motor mereka. Melalui aplikasi smartphone “RIDEOLOGI THE APP”, Pengendara dapat mengakses berbagai fungsi instrumen dan meningkatkan pengalaman berkendara mereka. Informasi kendaraan, seperti odometer, pengukur bahan bakar, dan jadwal perawatan, dapat dilihat langsung di smartphone. Log perjalanan Pengendara juga tersedia, mencakup rute GPS, posisi roda gigi, rpm, dan informasi lainnya (bergantung pada tipe sepeda motor).
Ketika terhubung, pemberitahuan telepon seperti panggilan atau pesan ditampilkan pada panel instrumen. Pengendara juga memiliki kemampuan untuk mengubah pengaturan tampilan instrumen sepeda motor mereka melalui smartphone, termasuk unit pilihan, pengaturan jam dan tanggal, dan lainnya. Pada beberapa tipe sepeda motor, Pengendara bahkan dapat memeriksa dan menyesuaikan pengaturan kendaraan menggunakan smartphone, seperti Rider Mode, fitur elektronik pendukung pengendara, dan pengaturan muatan. Dengan demikian, teknologi ini tidak hanya meningkatkan keterhubungan antara Pengendara dan sepeda motor, tetapi juga memberikan kontrol dan akses yang lebih besar terhadap fungsi-fungsi kendaraan.
Power NINJA ZX-4RR
Parameter | Specification |
---|---|
Power (with Ram Air) | 56.7 kW (77 PS) |
Max Power RPM | 14,500 rpm |
Torque | 37.6 Nm (3.8 kgfm) |
Max Torque RPM | 12,500 rpm |
Engine Type | Liquid-cooled, 4-stroke In-Line Four |
Displacement | 399 cc |
Bore x Stroke | 57.0 x 39.1 mm |
Compression Ratio | 12.3:1 |
Valve System | DOHC, 16 valves |
Fuel Injection | ø34 mm x 4 |
Ignition System | Digital |
Starter | Electric |
Transmission | 6-speed, return |
Primary Reduction Ratio | 2.029 (69/34) |
Final Reduction Ratio | 3.429 (48/14) |
Clutch | Wet multi-disc, manual |
Final Drive Type | Chain |
Performance
Parameter | Specification |
---|---|
Chassis | Trellis, high-tensile steel |
Front Suspension | ø37 mm inverted fork (SFF-BP) with spring preload adjustability and top-out springs |
Rear Suspension | Horizontal Back-link, BFRC lite gas-charged shock with piggyback reservoir, compression and rebound damping and spring preload adjustability, and top-out spring |
Front Wheel Travel | 120 mm |
Rear Wheel Travel | 124 mm |
Steering Angle / Trail | 23.5° / 97 mm |
Front Wheel | 120/70ZR17M/C (58W) |
Rear Wheel | 160/60ZR17M/C (69W) |
Front Brakes | Dual semi-floating ø290 mm discs |
Front Calipers | Dual radial-mount, monobloc, opposed 4-piston |
Rear Brake | ø220 mm disc |
Rear Caliper | Single-piston |
Detail
Parameter | Specification |
---|---|
Length | 1,990 mm |
Width | 765 mm |
Height | 1,110 mm |
Wheelbase | 1,380 mm |
Ground Clearance | 135 mm |
Seat Height | 800 mm |
Dry Weight | 189 kg |
Fuel Capacity | 15 litres |
Harga NINJA ZX-4RR
- Rp 244.800.000 (JAKARTA)
Spesifikasi dan harga dapat berubah.