Review: Yamaha Fazzio, Spesifikasi, Harga dan Fitur

Industri sepeda motor terus mengalami perkembangan yang pesat, dengan berbagai produsen terkemuka yang terus berlomba-lomba untuk menghadirkan inovasi terbaru. Yamaha, salah satu pemimpin dalam industri ini, tak henti-hentinya menciptakan sepeda motor yang tidak hanya mengesankan dari segi performa, tetapi juga menawarkan fitur-fitur unik yang membuatnya berbeda dari yang lain.

Salah satu produk terbaru yang mencuri perhatian pecinta otomotif adalah Yamaha Fazzio. Kali ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang sepeda motor ini, mulai dari harga hingga fitur-fitur unik yang membuatnya menonjol di pasaran.

Yamaha Fazzio (skuter hybrid) diperkenalkan pada awal tahun 2022. Skuter ini menggabungkan unsur klasik modern dengan konsep baru Classy Yamaha. Fazzio memiliki desain yang unik dan stylish, serta dilengkapi dengan berbagai fitur canggih.

Fitur Unik Yamaha Fazzio: Kombinasi Keunggulan yang Modern

Yamaha Fazzio, sebagai sepeda motor terbaru dari Yamaha, tidak hanya menawarkan performa tinggi, tetapi juga menghadirkan sejumlah fitur unik dan canggih. Dalam tulisan ini, kita akan mengulas beberapa fitur istimewa yang membuat Yamaha Fazzio menjadi pilihan menarik di pasar sepeda motor.

  1. Desain Headlight LED yang Menawan

Fazzio menonjolkan lampu depan LED dengan desain yang tidak hanya unik tetapi juga modis. Dengan bentuk bulat dan dua lingkaran LED yang saling terhubung, lampu ini memberikan pencahayaan yang cerah dan tahan lama. Kehadiran lampu ini bukan hanya sebagai elemen visual yang menarik, tetapi juga meningkatkan tingkat keamanan pengendara saat berada di jalanan pada malam hari.

  1. Speedometer Digital yang Menyajikan Informasi Lengkap

Salah satu fitur yang menarik dari Yamaha Fazzio adalah speedometer digitalnya yang informatif. Dengan desain yang modern dan stylish, speedometer ini menampilkan berbagai informasi penting seperti kecepatan, jarak tempuh, konsumsi bahan bakar, dan jam. Informasi tersebut ditampilkan dengan jelas dan mudah dibaca, memberikan pengendara pemahaman yang lebih baik tentang kinerja sepeda motor mereka.

  1. Electric Power Assist Start (EPAS)

Fitur Electric Power Assist Start (EPAS) pada Fazzio membuktikan bahwa Yamaha memahami kebutuhan pengendara masa kini. EPAS membantu mempermudah akselerasi awal dengan memberikan dorongan tenaga listrik saat mesin dihidupkan. Akibatnya, akselerasi awal menjadi lebih bertenaga dan halus. Fitur ini terbukti sangat berguna, terutama ketika menghadapi tanjakan atau berkendara dengan penumpang.

  1. Y-Connect: Menghubungkan Pengendara dengan Sepedanya

Salah satu fitur paling canggih dari Yamaha Fazzio adalah aplikasi Y-Connect yang menghubungkan smartphone pengendara dengan sepeda motornya. Aplikasi ini tidak hanya memberikan notifikasi telepon dan pesan, tetapi juga menyediakan informasi lokasi parkir, saran perawatan, pemantauan konsumsi bahan bakar, dan notifikasi kerusakan. Dengan Y-Connect, Yamaha Fazzio tidak hanya menjadi kendaraan, tetapi juga menjadi bagian integral dari gaya hidup modern.

Baca juga:  Mio Sporty Vs Mio M3: Memahami Perbedaan Harga, Fitur, dan Desain

Rangkuman Fitur-Fitur Yamaha Fazzio: Kesintilan Modern dan Kecanggihan

Secara totalitas, fitur-fitur Yamaha Fazzio membentuk kombinasi kecerdasan dan kecanggihan. Dengan desain Headlight LED yang modis, Speedometer Digital yang informatif, Electric Power Assist Start yang memudahkan, dan Y-Connect yang menghubungkan pengendara dengan sepedanya, Yamaha Fazzio tidak hanya memberikan kenyamanan dan keamanan, tetapi juga memenuhi tuntutan gaya hidup modern. Yamaha Fazzio dengan bangga mempersembahkan sepeda motor yang tidak hanya memenuhi kebutuhan pengendara, tetapi juga memberikan pengalaman berkendara yang tak terlupakan.

Desain Yamaha Fazzio

Yamaha Fazzio merupakan hasil dari upaya berkelanjutan Yamaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin beragam. Diperkenalkan sebagai bagian dari keluarga sepeda motor sport, Fazzio memiliki desain yang menarik dan memikat. Dengan latar belakang sejarah panjang Yamaha dalam menghasilkan sepeda motor berkualitas tinggi, Fazzio hadir sebagai perpaduan antara performa tinggi dan estetika yang modern.

Salah satu aspek yang pertama kali menarik perhatian ketika melihat Yamaha Fazzio adalah desainnya yang terlihat sangat futuristik. Yamaha tidak hanya fokus pada performa mesin, tetapi juga memberikan perhatian khusus pada aspek estetika, terutama untuk varian motor ini. Dengan bodi aerodinamis yang ramping, lampu depan LED yang tajam, dan garis desain yang dinamis, Fazzio memancarkan kesan kecepatan dan kekuatan.

Yamaha Fazzio tersedia dalam 8 pilihan warna, yaitu:

Pilihan Warna Yamaha Fazzio Neo:

  • Cyan
  • Prestige Silver
  • Orange
  • Beige
  • Dull Blue

Pilihan Warna Yamaha Fazzio Lux

  • White Pearl
  • Prestige Silver
  • Black

Warna Matte Black dan Prestige Silver merupakan warna yang klasik dan elegan. Warna Cyan merupakan warna yang stylish dan modern.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang masing-masing warna tersebut:

  • White Pearl: Warna White Pearl adalah warna terang yang klasik dan elegan. Warna ini cocok untuk pengendara yang menyukai gaya yang sederhana namun tetap berkelas.
  • Prestige Silver: Warna Prestige Silver adalah warna yang elegan dan mewah. Warna ini cocok untuk pengendara yang menyukai gaya yang berkelas dan modern.
  • Cyan: Warna Cyan adalah warna yang stylish dan modern. Warna ini cocok untuk pengendara yang menyukai gaya yang berani dan unik.
Baca juga:  Harga Yamaha New Fino 125 Bluecore: Irit, Halus, dan Nyaman

Secara keseluruhan, Yamaha Fazzio memiliki pilihan warna yang beragam. Pilihan warna tersebut dapat disesuaikan dengan gaya dan selera pengendara.

Performa Mesin yang Luar Biasa

Di balik desainnya yang menawan dengan terlihat sangat minimalis, Yamaha Fazzio menyimpan mesin bertenaga tinggi yang siap memberikan performa luar biasa. Mesin yang digunakan pada Fazzio didesain dengan teknologi terkini untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dan daya tahan. Dengan kapasitas mesin yang lebih besar dan sistem pendingin yang canggih, Fazzio menjadi pilihan yang tepat bagi para penggemar kecepatan dan performa.

Yamaha Fazzio ditenagai oleh mesin Blue Core 125cc hybrid. Mesin ini merupakan mesin baru yang dikembangkan oleh Yamaha, dengan kode BEJ00.

Mesin ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan mesin Blue Core konvensional, yaitu:

  • Efisiensi bahan bakar yang lebih baik

Mesin Blue Core hybrid menggunakan teknologi SMG (Smart Motor Generator) yang membantu mengurangi beban kerja mesin utama. Hal ini membuat mesin menjadi lebih efisien dalam mengonsumsi bahan bakar.

  • Performa yang lebih responsif

Mesin Blue Core hybrid memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi dibandingkan mesin Blue Core konvensional. Hal ini membuat mesin menjadi lebih responsif dalam menghasilkan tenaga.

  • Emisi yang lebih rendah

Mesin Blue Core hybrid menggunakan teknologi VVA (Variable Speed Technology) yang membuat pembakaran menjadi lebih efisien. Hal ini membuat mesin menghasilkan emisi yang lebih rendah.

Berikut adalah spesifikasi mesin Yamaha Fazzio:

Mesin Blue Core hybrid di Yamaha Fazzio dipadukan dengan transmisi CVT yang membuat perpindahan gigi menjadi lebih halus dan responsif. Mesin ini juga dilengkapi dengan fitur Eco Indicator yang membantu pengendara berkendara secara efisien.

Mesin:

Tipe dan JenisKeterangan
Tipe MesinPendingin Udara, 4 Langkah, SOHC
Susunan SilinderSilinder Tunggal
Diameter x Langkah52.4 mm x 57.9 mm
Volume Silinder124.86 cc
Perbandingan Kompresi11.0:1
Daya Maksimum6.2 kW / 6500 rpm
Torsi Maksimum10.6 Nm / 4500 rpm
Sistem StarterElektrik
Sistem PelumasanBasah
Kapasitas Oli MesinTotal: 0.84 L ; Berkala: 0.80 L
Sistem Bahan BakarFuel Injection
Tipe KoplingKopling Sentrifugal, Kering
Tipe TransmisiV-Belt Otomatis

Rangka:

Tipe dan JenisKeterangan
Tipe RangkaUnderbone
Suspensi DepanTelescopic
Suspensi BelakangUnit Swing
Ban Depan110/70-12 47L
Ban Belakang110/70-12 47L
Tipe BanTubeless
Rem DepanRe Cakram
Rem BelakangRem Tromol

Dimensi:

Tipe dan JenisKeterangan
P x L x T1820 mm x 685 mm x 1125 mm
Jarak Sumbu Roda1280 mm
Jarak Terendah ke Tanah135 mm
Tinggi Tempat Duduk750 mm
Berat Isi95 kg
Kapasitas Tangki Bensin5.1 L

Secara keseluruhan, mesin Yamaha Fazzio adalah mesin yang modern dan efisien. Mesin ini memberikan performa yang responsif dan konsumsi bahan bakar yang hemat.

Baca juga:  Harga dan Spesifikasi Motor Yamaha Lexi LX 155, Skutik Maxi Stylish dengan Fitur Menawan

Harga Yamaha Fazzio

Salah satu keunggulan Yamaha Fazzio adalah harganya yang bersaing di pasaran. Meskipun menawarkan fitur-fitur unggulan dan performa tinggi, Yamaha tetap mempertahankan harga yang terjangkau untuk Fazzio. Hal ini membuatnya menjadi opsi yang menarik bagi konsumen yang menginginkan sepeda motor sport berkualitas tanpa harus menguras kantong.

Daftar harga Yamaha Fazzio pada Desember 2023:

  • Yamaha Fazzio Neo: Rp22.650.000
  • Yamaha Fazzio Lux: Rp23.050.000

*Harga tersebut adalah harga On The Road (OTR) Jakarta. Harga dapat bervariasi di setiap daerah.

Fitur Unik Yamaha Fazzio

Selain desain dan performa, Yamaha Fazzio juga dilengkapi dengan sejumlah fitur unik yang membedakannya dari pesaingnya. Beberapa fitur ini termasuk:

Sistem Navigasi Terintegrasi: Yamaha Fazzio dilengkapi dengan sistem navigasi terintegrasi yang memudahkan pengendara untuk menemukan rute terbaik. Layar digital yang canggih menampilkan peta dan petunjuk arah dengan jelas, menjadikan perjalanan lebih nyaman.

Konektivitas Bluetooth: Fazzio juga dilengkapi dengan teknologi Bluetooth yang memungkinkan pengendara terhubung dengan perangkat pintar mereka. Ini memungkinkan pengguna untuk menerima panggilan telepon, mendengarkan musik, dan mengakses fitur pintar lainnya tanpa harus melepas helm.

Sistem Pengereman Canggih: Yamaha Fazzio dilengkapi dengan sistem pengereman canggih yang meningkatkan keamanan pengendara. Sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) membantu mengurangi risiko tergelincir saat pengereman mendadak.

Pengaturan Suspensi Elektronik: Suspensi elektronik pada Yamaha Fazzio dapat diatur secara otomatis atau manual, sesuai dengan preferensi pengendara. Ini memberikan pengalaman berkendara yang disesuaikan dengan kondisi jalan dan gaya mengemudi masing-masing.

Respons Konsumen terhadap Yamaha Fazzio

Sejak diluncurkan, Yamaha Fazzio mendapatkan respons positif dari para konsumen. Banyak yang memberikan apresiasi terhadap desainnya yang futuristik, performa mesin yang handal, dan fitur-fitur canggih yang ditawarkannya. Selain itu, keputusan Yamaha untuk menjaga harga Fazzio tetap terjangkau juga mendapatkan pujian, membuatnya menjadi pilihan yang menarik di pasar sepeda motor sport.

Meskipun Yamaha Fazzio telah berhasil menarik perhatian di pasar, tantangan tetap ada. Persaingan ketat dengan produk-produk sejenis dari produsen lain menuntut Yamaha untuk terus berinovasi dan memperbarui model-modelnya. Selain itu, perubahan kebijakan pemerintah terkait regulasi emisi dan keamanan kendaraan juga dapat memengaruhi pasar sepeda motor secara keseluruhan.

Namun, di tengah tantangan tersebut, Yamaha Fazzio juga membawa peluang besar bagi Yamaha. Dengan basis konsumen yang semakin meningkat, Yamaha dapat memperluas pangsa pasarnya dengan menawarkan varian-varian terbaru dari Fazzio yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan konsumen.

Yamaha Fazzio dari berbagai sudut pandang, mulai dari desainnya yang menawan hingga fitur-fitur unik yang ditawarkannya. Yamaha Fazzio tidak hanya menjadi pilihan yang menarik bagi para penggemar sepeda motor sport, tetapi juga menunjukkan komitmen Yamaha untuk terus berinovasi dan memberikan nilai tambah kepada konsumennya.

Dengan harga yang terjangkau dan kombinasi performa tinggi, Yamaha Fazzio mewakili evolusi terbaru dalam dunia sepeda motor. Meskipun tantangan dan persaingan tetap ada, Yamaha dengan Fazzio membuktikan bahwa mereka tetap menjadi pemain utama dalam industri sepeda motor global.

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru