Thailand International Motor Expo 2023, Pameran Otomotif Raih Rekor Baru

Baba.co.id, Pameran otomotif prestisius, Thailand International Motor Expo, sukses mencetak rekor baru selama berlangsung dari 30 November hingga 11 Desember 2023. Kwanchai Paphatphong, Ketua Penyelenggara acara tersebut, mengungkapkan bahwa pameran tersebut berhasil mencatatkan penjualan kendaraan mencapai puluhan ribu unit, termasuk kendaraan listrik dan bermesin bakar internal. Pencapaian tersebut menjadikan pameran ini sebagai yang terbaik dalam sejarahnya.

Pada periode pameran selama 12 hari tersebut, lebih dari 1,5 juta orang mengunjungi Thailand International Motor Expo 2023. Tak hanya itu, nilai transaksi yang tercatat mencapai 72 miliar baht atau sekitar Rp 31,4 triliun. Angka ini menjadi dua kali lipat lebih besar dibandingkan dengan pameran GIIAS 2023 di Indonesia, yang mencatat pengunjung sebanyak 400.000 orang dan nilai transaksi sekitar Rp 15 triliun.

Kwanchai Paphatphong menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kesuksesan pameran tersebut, termasuk sponsor, pendukung, produsen kendaraan, peralatan terkait, bisnis kapal dan pesawat terbang, serta lembaga pemerintah dan swasta. “Tahun ini merupakan perayaan ulang tahun ke-40 yang sangat sukses,” ujar Paphatphong dalam keterangan resmi pada Selasa (12/12/2023).

Baca juga:  Pemerintah Bahas Peningkatan Kualitas Udara Jabodetabek: Upaya Jangka Pendek, Menengah, dan Panjang

Secara rinci, angka pemesanan kendaraan mencapai 53.248 unit untuk mobil dan 7.373 unit untuk motor. Dari jumlah tersebut, penjualan mobil listrik menyumbang sebanyak 38,4 persen, sementara mobil konvensional mencapai 61,6 persen. Honda berhasil menjadi merek mobil terlaris dalam pameran ini, diikuti oleh Toyota dan Changan. Sementara itu, Changan, BYD, dan Aion menjadi mobil listrik yang paling diminati.

Berdasarkan segmentasi, SUV mendominasi pangsa pasar dengan persentase sebesar 57,3 persen, diikuti oleh sedan dengan 18,3 persen. Truk dan pikap masing-masing memiliki pangsa pasar sekitar 9,5 persen, sementara segmen lainnya mencapai 4,5 persen.

Keberhasilan Thailand International Motor Expo 2023 bukan hanya terletak pada angka penjualan yang fantastis, namun juga pada variasi kendaraan yang diminati masyarakat. Dengan berhasil menarik perhatian pengunjung dari berbagai kalangan, pameran ini tidak hanya menjadi pusat perdagangan otomotif regional, tetapi juga menunjukkan kecenderungan perubahan preferensi konsumen terhadap kendaraan ramah lingkungan. Sebuah pencapaian gemilang yang membuktikan daya tarik industri otomotif global.

Baca juga:  The New Xpander 2024, Desain Baru dengan Spesifikasi Lebih Canggih, Cek Harganya!

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru