13 Tips Membeli HP Bekas Berkualitas, Ini yang harus dilakukan

Membeli HP bekas bisa menjadi alternatif cerdas untuk mendapatkan smartphone impian dengan harga lebih terjangkau. Selisih Harganya terbilang lumayan besar untuk penjual Handphone Bekas, walaupun baru digunakan beberapa bulan saja.

Memang sih ada sebagian orang yang rela menabung untuk mendapatkan HP baru, Tapi ada juga yang justru sengaja memburu HP bekas yang berkualitas dan harganya sudah jauh berbeda. Namun membeli HP bekas Berkualitas membutuhkan ketelitian dan pengetahuan agar terhindar dari penipuan dan mendapatkan perangkat berkualitas. Kami sudah merangkum setidaknya ada 13 hal yang harus kita lakukan saat membeli HP bekas. Apa saja?, yuk baca sampai Akhir.

Berikut 13 Tips lengkap untuk membantu Anda membeli HP bekas yang berkualitas:

1. Lakukan Penelitian Terlebih Dahulu

Sebelum membeli handphone bekas, lakukanlah penelitian terlebih dahulu tentang model, merek, dan spesifikasi yang Anda inginkan. Browsing di internet atau membaca ulasan dari pengguna sebelumnya bisa memberikan gambaran yang jelas tentang kelebihan dan kekurangan dari handphone yang Anda incar.

Pertimbangkan jenis HP yang diinginkan (Android, iOS), fitur yang dibutuhkan (kamera, RAM, baterai), dan budget yang tersedia. Lakukan riset online untuk mengetahui harga pasaran HP incaran Anda dalam kondisi bekas.

2. Periksa Kondisi Fisiknya Secara Teliti

Langkah berikutnya adalah memeriksa kondisi fisik dari handphone tersebut secara teliti. Perhatikan apakah terdapat goresan atau kerusakan lainnya pada bodi, layar, atau bagian-bagian lainnya. Pastikan juga tombol-tombol berfungsi dengan baik dan tidak ada bagian yang longgar atau aus. Periksa detail spesifikasi HP incaran dan bandingkan dengan kondisi fisiknya. Periksa juga kelengkapan aksesoris seperti charger dan dus.

Baca juga:  Handphone Infinix NOTE 12, Rekomendasi Smartphone Murah

3. Periksa Kelengkapan Aksesoris

Selain perlu memeriksa kondisi fisik handphone, pastikan juga bahwa handphone bekas yang Anda beli dilengkapi dengan semua aksesoris aslinya. Ini termasuk charger, kabel data, dan juga earphone, jika tersedia. Memastikan kelengkapan aksesoris ini akan membuat pengalaman menggunakan handphone lebih lengkap dan nyaman, serta memastikan semuanya aksesoris asli pabrikan.

4. Memilih Tempat Terpercaya

Hal penting lainnya, adalah memilih tempat terpercaya untuk membeli HP bekas, baik online (marketplace, toko online terpercaya) maupun offline (toko counter terpercaya, tukar tambah). Pastikan reputasi penjual baik dan baca ulasan dari pembeli sebelumnya. Ini akan memberikan jaminan bahwa Anda membeli handphone bekas ditempat yang tepat. Jika Ada membelinya langsung ke penjual yang tidak memiliki Toko, sebaiknya mintalah Identitas penjual Agar anda mengetahui siapa penjualnya. Mengapa ini penting, ketika HP itu ada kendala atau ternyata hasil curian maka anda dapat memberikan konfirmasi dan memiliki penjelasan.

5. Mengetes Fungsi HP

Terkadang ada hal sepele yang jarang dilakukan saat kita membeli hp bekas, misalnya melakukan tes charger. Penting untuk memeriksa fungsi HP secara menyeluruh untuk memastikan semua fitur bekerja dengan baik. Tes layar sentuh, kamera, speaker, mikrofon, koneksi internet, Bluetooth, dan port USB. Pastikan tidak ada error atau masalah pada software maupun hardware.

6. Cek IMEI dan Status Blacklist

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor identifikasi unik yang dimiliki oleh setiap handphone. Nah ini yang jarang sekali dijelaskan pembeli dan jarang dipedulikan oleh pembeli terkait Imei. Pastikan untuk memeriksa IMEI handphone bekas yang akan Anda beli untuk memastikan bahwa handphone tersebut bukan barang curian atau telah dilaporkan hilang. Anda dapat langsung mengecek IMEI melalui *#06# atau di pengaturan HP. Anda juga bisa menggunakan situs web seperti IMEI.info untuk verifikasi.

Baca juga:  Handphone Infinix Smart 6 Plus: Smartphone Harga 1 Jutaan

7. Mintalah Garansi

Tanyakan kepada penjual apakah tersedia garansi untuk HP bekas yang Anda beli. Garansi dapat melindungi Anda dari kerusakan atau masalah yang terjadi dalam jangka waktu tertentu. Tanyakan apakah masih Garansi Resmi atau Garansi Toko.

Meskipun handphone bekas, namun beberapa toko atau penjual handphone bekas masih menyediakan garansi untuk barang yang mereka jual. Pastikan untuk memeriksa apakah handphone yang Anda beli masih memiliki garansi atau tidak, sehingga Anda bisa mendapatkan perlindungan tambahan jika terjadi kerusakan atau masalah lainnya.

8. Uji Fungsi-fungsinya

Sebelum memutuskan untuk membeli, uji fungsi-fungsi dasar dari handphone tersebut seperti panggilan telepon, koneksi internet, kamera, dan lain-lain. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik tanpa ada masalah yang signifikan.

9. Perhatikan Performa dan Daya Tahan Baterai

Saat menguji handphone bekas, perhatikan juga performa dan daya tahan baterainya. Pastikan handphone tersebut masih bisa beroperasi dengan lancar dan baterainya tidak cepat habis atau bermasalah.

10. Periksa Riwayat Penggunaan

Mencari tahu riwayat penggunaan handphone bekas juga penting untuk memastikan bahwa handphone tersebut tidak pernah mengalami masalah serius atau kerusakan yang tidak terlihat. Anda bisa bertanya kepada penjual atau pemilik sebelumnya tentang bagaimana cara mereka menggunakan handphone tersebut dan apakah pernah mengalami masalah tertentu.

Baca juga:  Handphone Infinix Hot 10s: HP Berkualitas dengan Budget Terbatas

11. Bandrol Harga yang Masuk Akal

Pastikan bahwa harga yang ditawarkan untuk handphone bekas tersebut masuk akal dan sesuai dengan kondisi dan spesifikasinya. Bandingkan harga dari beberapa penjual atau toko sebelum memutuskan untuk membeli agar Anda tidak tertipu atau membayar terlalu mahal.

12. Periksa Kelengkapan Dokumen

Pastikan Anda menerima kelengkapan dokumen HP bekas, seperti nota pembelian, kartu garansi, dan dus original. Dokumen ini dapat membantu Anda jika terjadi masalah di kemudian hari.

13. Periksa Segel Handphone:

Tanyakan dan periksa Segel HP apakah sudah pernah dibuka atau belum, umumnya untuk HP yang tidak memiliki segel pernah di service. Seperti mengganti LCD atau mengganti Baterai. Tanyakan ke Penjual terkait apakah pernah di Service sebelumnya, jika pernah di service tanyakan apa saja kerusakannya.

Waspadai penipuan yang sering terjadi dalam jual beli HP bekas, seperti penawaran harga yang terlalu murah berkedok promo, foto produk yang tidak sesuai, dan penjual yang tidak responsif. Pastikan Anda melakukan riset dan transaksi dengan aman.

Dengan mengikuti 13 panduan di atas, Anda bisa mendapatkan handphone bekas yang berkualitas tanpa harus merasa khawatir atau menyesal di kemudian hari. Selamat berbelanja!

Rekomendasi untuk Anda

Advertisement

Terkait

Terbaru